Nyandu Torto, Penangkaran Kura-kura Sulcata di Palembang

Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang. Anak kura-kura dihargai Rp 1,3 Juta.

Tribunsumselwiki/Linda
Pengunjung melihat kura-kura di Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Andre Salim warga Palembang yang menyukai hewan, kini membuka usaha penangkaran.

Hal ini diwujudkannya dengan membuka penangkaran kura-kura yang diberi nama Nyandu Torto Turtle Farm.

"Sejak setahun lalu saya membuka penangkaran kura-kura ini," kata Owner Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, awalnya ia hanya membeli sepasang kura-kura jenis Sulcata asal Afrika yang di impor.

Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021).
Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021). (Tribunsumselwiki/Linda)

Namun karena adanya pandemi mengharuskanya membeli di Indonesia.

"Awalnya setengah tahun pertama belum menghasilkan, namun kini sudah bisa dijual. Untuk kura-kura ini dilihat dari diameternya, jadi dijualnya juga berdasarkan ukuran diameter," katanya.

Masih kata Andre, kalau yang besar mahal, jadi bisanya dijual yang anakan.

Kura-kura Sulcata yang ada di Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021).
Kura-kura Sulcata yang ada di Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021). (Tribunsumselwiki/Linda)

Untuk kura-kura yang dijual berupa anakan yang berdiamter 5 cm. Harganya Rp 1,3 juta, namun kalau beli banyak bisa kurang.

"Kura-kura jenis Sulcata ini di sini ada yang paling besar diameter 67 cm. Yang nawar ada cuma yang berani beli belum ada, karena memang kalau sudah besar harganya cukup mahal," katanya.

Anak kura-kura yang dijual seharga Rp 1,3 Juta ada di Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021).
Anak kura-kura yang dijual seharga Rp 1,3 Juta ada di Nyandu Torto Turtle Farm yang ada di Jalan R Sukamto, Lorong Pancasari Palembang, Kamis (25/3/2021). (Tribunsumselwiki/Linda)

Menurut Andre, dalam sebulan ia bisa menjual puluhan anak kura-kura jenis Sulcata ini.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved