Muhammadiyah Luncurkan Sistem Informasi Layanan Covid-19 Untuk RSMA

Dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan maka secara resmi diluncurkan Sistem Informasi Layanan Covid-19 bagi RS Muhammadiyah - Aisyiyah (RSMA).

Tribunsumselwiki/Linda
Suasana peluncuran Sistem Informasi Layanan Covid-19 secara virtual, Kamis (11/2/2021). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Selama tujuh bulan ini, Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah bersama Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) membantu penanganan Covid-19 melalui program Mentari.

"Dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan maka secara resmi kita meluncurkan Sistem Informasi Layanan Covid-19 bagi RS Muhammadiyah - Aisyiyah (RSMA), yang selama ini telah dikembangkan untuk membantu penanganan COVID-19 di Rumah Sakit," kata Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Drs. M. Agus Samsudin, MM, sebagai penanggung jawab program Mentari Covid-19, Kamis (11/2/2021).

Agus Samsudin yang sekaligus Ketua MCCC Muhammadiyah mengatakan,
Sistem Informasi Layanan Covid-19 ini merupakan teknologi aplikasi berbasis web atau internet.

Sistem ini telah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Covid-19 MCCC PP Muhammadiyah dan dapat dikembangkan sebagai Single ID pasien di rumah sakit.

"Pengembangan sistem dimaksudkan agar dapat menghubungkan data layanan Covid-19 antara jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah - Aisyiyah (RSMA)," katanya.

Menurutnya, setelah melalui proses pengujian dan pemasangan sistem di 30 RSMA, sistem ini diharapkan dapat membantu RS dalam penanganan Covid-19 yang lebih baik, khususnya dalam pengelolaan data dan informasi serta proses respon kasus yang lebih cepat.

Dimana sistem ini dapat memberikan peringatan dini apabila terjadi lonjakan kapasitas, serta sebagai media komunikasi yang lebih cepat antar rumah sakit.

Sistem ini juga diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang dapat diadaptasi atau direplikasi oleh berbagai pihak yang membutuhkan.

Baca juga: Gubernur Sumsel Imbau Perayaan Imlek Dilakukan Secara Sederhana

Sementara itu Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn mengatakan, Pemerintah Amerika Serikat, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat, mendukung 30 pusat perawatan Covid-19 di jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah untuk memberikan perawatan yang lebih baik.

"Kami bangga membantu Muhammadiyah menyediakan layanan yang lebih berkualitas bagi pasien Covid-19 sekaligus membantu tenaga kesehatan garis depan untuk tetap terlindungi," katanya.

Sedangkan Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (YANKES) KEMENKES RI, dr. Rita Rogayah, SpP(K), MARS mengucapkan selamat atas diluncurkannya Sistem IT bagi RSMA.

"Kami sangat mengapresiasi kepada USAID yang telah memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia, melalui berbagai program termasuk kolaborasinya dengan MPKU PP
Muhammadiyah," katanya.

Dr. Rita juga menyampaikan terima kasih kepada Muhammadiyah yang selama ini tanpa kenal lelah membantu masyarakat dan Pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19.

Baca juga: SMK Muhammadiyah 3 Palembang Buka Pendaftaran Siswa Baru Melaui Online

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved