Akaliko Perkenalkan Kopi Kojo dan Maksuba, Angkat Kuliner Khas Palembang

Akaliko merupakan coffee shop yang ada di Palembang, menyediakan minuman dengan citarasa Kojo dan Maksuba.

Tribunsumselwiki/Linda
Owner akaliko Erwin menunjukkan Es Kopi Kojo dan Maksuba di akaliko yang ada di Jalan Lingkar 1, nomor 309, Jumat (12/1/2021). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Kue Kojo dan Maksuba merupakan makanan khas Palembang.

Selain jadi makanan khas Palembang, ternyata Kojo dan Maksuba juga bisa loh dijadikan minuman yang kekinian.

Akaliko merupakan coffee shop yang ada di Palembang, menyediakan minuman dengan citarasa Kojo dan Maksuba.

Owner akaliko Erwin membuat Es Kopi Kojo di akaliko yang ada di Jalan Lingkar 1, nomor 309, Jumat (12/1/2021).
Owner akaliko Erwin membuat Es Kopi Kojo di akaliko yang ada di Jalan Lingkar 1, nomor 309, Jumat (12/1/2021). (Tribunsumselwiki/Linda)

"Saya mengangkat kopi dengan dipadukan ciri khas Palembang, karena saya melihat coffee shop itu ya seperti itu-itu saja. Untuk itu perlu dihadirkan yang berbeda," kata Owner akaliko Erwin saat di akaliko yang ada di Jalan Lingkar 1, nomor 309, Jumat (12/1/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk minuman ada Kojo dan Maksuba, yang merupakan kue khas Palembang ini bisa pakai kopi dan yang nggak suka kopi bisa juga tanpa kopi.

Baca juga: Mengenal Lima Kue Khas Palembang, Mulai Dari Dadar Jiwo hingga Kue Kojo

"Jadi pas diminum citara kue Kojo dan Maksuba nya benar-benar terasa. Untuk kopinya kita pakai espresso based dipadu dengan racikan khusus berupa Kojo dan Maksuba," kata Erwin pengusaha muda.

Erwin menjelaskan, bahwa masih jarang yang mau mengangkat ciri khas daerahnya, untuk itulah ia ingin memperkenalkan ciri khas makanan Palembang dalam bentuk minuman.

Espresso based.
Espresso based. (Tribunsumselwiki/Linda)

Tak hanya ingin memperkenalkan makanan khas Palembang, ternyata Erwin juga menggunakan kopi asli dari Sumatera Selatan (Sumsel) yaitu Semendo.

Meskipun dipadukan dengan kopi, citara Kojo maupun Maksuba tetap terasa nikmat. Seperti Es Kojo rasa manis, dan aroma pandannya cukup terasa. Terlebih warna Es Kojonya hijau layaknya kue Kojo yang berwarna hijau.

Sedangkan untuk Es Kopi Maksuba rasanya manis-manis legit dan warnanya kuning kecoklatan layaknya seperti kue Maksuba.

Baca juga: Cerita Kue Maksuba, Kue Khas Palembang

"Dengan mengangkat ciri khas Palembang, maka kita bisa memperkenalkan ke orang lain, terlebih kalau ada wisatawan yang datang ke Palembang. Kalau mau kulineran sambil minum kopi," katanya

Beragam minuman dan makanan ada di akaliko seperti Es Kopi Maksuba, Es Kopi Kojo, Kopi Susu Aren, Maksuba Latte, Kojo Latte, Redvelvet Latte, Charcoal Latte, Peach Mojito, Americano, Cafe Latte dan lain-lain.

"Ini konsepnya lebih ke coffee shop tapi untuk makanya lebih ke signature seperti nasi goreng calypot yaitu nasi komplit ada daging, ada telor, sayur, dan lain-lain yang disajikan dengan wadah gerabah yang dimasak panas. Mirip seperti masakan yang pakai hotplate, jadi disajikannya hangat-hangat," katanya.

Erwin menambahkan, dalam rangka soft opening ada promo yang menarik yaitu diskon 15 persen, sampai batas waktu yang belum ditentukan atau sampai dilakukan grand opening.

Susana di  akaliko yang ada di Jalan Lingkar 1, nomor 309, Jumat (12/1/2021).
Susana di akaliko yang ada di Jalan Lingkar 1, nomor 309, Jumat (12/1/2021). (Tribunsumselwiki/Linda)

"Akaliko artinya taklekang oleh waktu, jadi harapanya usaha ini tak lekang oleh waktu dan bisa membawa manfaat bagi semuanya," katanya.

Menurutnya, akaliko ini konsepnya lebih ke coffee shop tapi untuk makanya lebih ke signature seperti nasi goreng pot dan menu yang lainnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
537 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved