Sumsel Sudah Punya Mobil Swab Keliling, Hasil Pemeriksaan Keluar Dalam Hitung Jam

Dengan mobil lab ini deteksi Covid-19 dapat semakin mudah. Kapasitas pemeriksaan di mobil lab ini pun mencapai 120 pemeriksaan per hari.

Tribunsumselwiki/Linda
Peresmian mobil lab, Selasa (9/2/2021). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kini sudah memiliki mobil laboratorium (lab), yang bisa digunakan untuk pemeriksaan swab Covid-19.

Mobil lab ini ada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas I Palembang.

Kepala BTKL-PP Palembang, Imam Sjahbandi mengatakan, mobil ini dilengkapi alat untuk keperluan tes usap berbasis PCR, Tes Cepat Molekuler (TCM), mesin ekstraksi, PSL-2, PSC, reagen, dan peralatan pendukung lainnya.

"Dengan mobil lab ini deteksi Covid-19 dapat semakin mudah. Kapasitas pemeriksaan di mobil lab ini pun mencapai 120 pemeriksaan dalam satu hari," katanya saat peresmian mobil laboratorium di Kantor BTKL-PP Palembang, Selasa (9/2/2021).

Bahkan menurutnya berkemungkinan bisa 175-200 orang per hari. Hasil pemeriksaan pun relatif cepat atau hanya memakan waktu selama empat jam saja.

Isi di dalam mobil lab, Selasa (9/2/2021)
Isi di dalam mobil lab, Selasa (9/2/2021) (Tribunsumselwiki/Linda)

"Mobil lab ini mendekatkan pelayanan pemeriksaan dan mempercepat hasil dalam surveilans epidemiologi," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, biasanya untuk pemeriksaan ambil di lokasi atau kirim di sana, tapi dengan mobil lab ini bisa langsung datang ke lokasi.

Testing dan tracing cepat, kasus ditemukan cepat.

Menurut Imam, sebenarnya mobil lab ini tidak hanya untuk pemeriksaan Covid-19 tetapi untuk penyakit lainnya seperti pemeriksaan DBD dan lain-lain.

Namun, di masa pandemi mobil lab difungsikan sebagai pemeriksaan Covid-19.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved