Gubernur Sumsel Imbau Perayaan Imlek Dilakukan Secara Sederhana

Bagi masyarakat yang mau merayakan Imlek, silahkan. Namun selama pandemi ini diharapkan momen Imlek dilakukan secara sederhana.

Humas Provinsi Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Saat perayaan imlek biasanya warga Tionghoa ramai merayakannya.

Namun dimasa pandemi ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengharapkan perayaan imlek dapat berjalan lebih sederhana demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Saya tidak melarang, bagi masyarakat yang mau merayakan Imlek, silahkan. Namun selama pandemi ini diharapkan momen Imlek dilakukan secara sederhana," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Moon Cake Cocok Dijadikan Parcel Untuk Imlek, Begini Cara Buatnya

Ia menjelaskan, momen Imlek adalah saat yang biasanya dipakai untuk silaturahmi.

Hanya saja, selama pandemi ini diharapkan momen Imlek dilakukan secara sederhana dan tidak dilakukan di tempat terbuka.

"Silaturahmi silahkan, tapi jangan di tempat terbuka. Cukup di rumah masing-masing. Bagi yang ingin beribadah tidak apa-apa, boleh saja, namun tetap protokol kesehatan," katanya.

Herman Deru meminta agar semua kegiatan selama Imlek dilakukan dengan menekankan dan menerapkan 3M sesuai prokes yang ada seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Karenanya saya juga meminta kepada petugas keamanan, baik Polri, TNI dan PolPP untuk tetap memantau pelaksanaan Imlek dengan penerapan prokes," katanya

Lalu terkait jika ada perayaan Imlek di hotel atau restoran menurutnya, pastikan kapasitas tempatnya.

Kalau normalnya gedung bisa berisi 500 orang, selama pandemi cukup diisi 200 orang saja. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Sambut Imlek, PIM Bagi-bagi Angpao Setiap Hari

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved