Kirim Obat dan Surat Rujukan dari Puskemas di Palembang Bisa Pakai Gojek

Untuk mempermudah masyarakat maka Pemerintah Kota Palembang bekerjasama dengan Gojek, dalam hal pengiriman obat dan surat rujukan.

Istimewa
Gojek bekerjasama dengan Pemkot Palembang. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Untuk mempermudah masyarakat maka Pemerintah Kota Palembang bekerjasama dengan Gojek, dalam hal pengiriman obat dan surat rujukan.

Sehingga masyarakat tidak harus datang langsung ke Puskesmas untuk mendapatkan obat ataupun surat rujukan. Karena bisa dilakukan melalui aplikasi Gojek dengan GoSend.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, layanan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Gojek bekerjasama dengan Pemkot Palembang
Gojek bekerjasama dengan Pemkot Palembang (Istimewa)

"Masyarakat Kota Palembang saat ini sudah dipermudah untuk mendapatkan obat-obatan dari puskesmas," katanya beberapa waktu lalu.

Karena saat ini pengantaran obat dan surat rujukan sudah bisa dilakukan menggunakan aplikasi Gojek.

Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam peluncuran inisiatif pengiriman obat-obatan dan surat rujukan dengan menggunakan layanan GoSend di 41 puskesmas di seluruh wilayah kota Palembang.

Terlebih ditengah kondisi pandemi seperti saat ini, layanan inovasi tersebut memberikan manfaat lebih dengan tidak harus keluar rumah sehingga menghindari keramaian.

Baca juga: Ini 71 Event Pariwisata di Palembang dalam Calender of Event 2021

"Kalau bisa tidak hanya puskesmas tapi juga dokter yang praktek, agar layanan ini dapat dimanfaatkan masyarakat," katanya.

Apalagi ditengah pandemi Covid-19 untuk menghindari keramaian dengan tidak perlu menunggu atau datang langsung.

Dilanjutkannya, bahwa kerjasama dengan Gojek bukan pertama bagi Pemkot tapi sudah ada 5 OPD yang sudah bekerjasama sebelumnya, seperti Disnaker, DPMPTSP, BKPAD, Dishub.

Sementara itu Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumatera Bagian Selatan, Ken Lazuardhi Syarnubi mengatakan, Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palembang ini telah dimulai dengan pilot project di 6 puskesmas sejak kuartal terakhir tahun lalu.

Baca juga: Penjelasan Tentang Vaksin Covid-19 dari Ahli Mikrobiologi

Hal ini menjadi penting untuk mengukur kesiapan kedua belah pihak untuk memberikan layanan kepada publik yang lebih luas.

Berdasarkan pilot project tersebut, hasilnya cukup memuaskan dan memperlihatkan bahwa layanan pengiriman obat dan surat rujukan ini sangat membantu masyarakat mengatasi friksi sehari-hari.

Program ini sejalan dengan Gojek sebagai super app yang berupaya membantu mengatasi friksi masyarakat sehari-hari melalui berbagai layanannya di dalam satu aplikasi lengkap.

"Harapan kedepannya Gojek dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk menciptakan inisiatif yang bisa membantu masyarakat lainnya," katanya.

Lanjut Ken, nantinya setiap puskesmas disediakan nomor WhatsApp, nomor ini akan dihubungkan sehingga masyarakat tinggal mengklik link bercode untuk kemudian memesan obat dan membuat rujukan.

"Pada dasarnya, untuk pemesanan di layanan ini sama dengan GoSend, hanya saja karena ini pesanan obat. Driver juga tidak diperkenankan membuka bungkus obat. Untuk tarif akan disesuaikan dengan lokasi pengantaran," katanya.

Baca juga: Pemkot Palembang Mulai Salurkan Bantuan Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19, Ini Rinciannya

Ikuti kami di
KOMENTAR
525 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved