Moon Cake Cocok Dijadikan Parcel Untuk Imlek, Begini Cara Buatnya

Kue moon cake ini bercita rasa manis. Bagian luar kue renyah dan tekstur dalam kue terasa lembut karena isian dari kacang hijau atau varian lainnya.

Tribunsumselwiki/Linda
Parcel Moon Cake yang ada di Dapur Mommy Lia yang ada di Jalan Semeru, Kota Palembang, Rabu (3/2/2021). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Sapa yang tak kenal dengan kue moon cake. Moon cake atau yang dikenal kue bulan merupakan penganan tradisional masyarakat Tionghoa.

Satu buah moon cake ini harganya terbilang cukup mahal yaitu bisa mencapai Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu.

Moon Cake
Moon Cake (Tribunsumselwiki/Linda)

Untuk itu melihat mahalnya harga moon cake membuat Elia Sunarli berfikir bahwa ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjika.

Elia Sunarli atau yang disapa Lia akhirnya membuat moon cake dan dijualnya. Untuk itu sejak 2015 Lia mempunyai usaha dengan nama Dapur Mommy Lia.

Elia Sunarli membuat Moon Cake di Dapur Mommy Lia yang ada di Jalan Semeru, Kota Palembang, Rabu (3/2/2021).
Elia Sunarli membuat Moon Cake di Dapur Mommy Lia yang ada di Jalan Semeru, Kota Palembang, Rabu (3/2/2021). (Tribunsumselwiki/Linda)

"Kue moon cake ini bercita rasa manis. Bagian luar kue renyah dan tekstur dalam kue terasa lembut karena isian dari kacang hijau ataupun kacang merah yang dihaluskan," kata Lia saat di Dapur Mommy Lia yang ada di Jalan Semeru, Kota Palembang, Rabu (3/2/2021).

Menurutnya, moon cake buatannya tak diberi pengawet berupa air Ki, sehingga hanya bisa bertahan selama satu Minggu. Ini tentu berbeda dengan kue lain di pasaran yang usianya bisa mencapai hingga satu bulan.

Adapun harga satuan kue ini dibanderol Rp 35 ribu per buah, sedangkan untuk parsel atau hampers dengan isi empat buah kue dihargai Rp 135 ribu. Pemasaran kue ini dilakukan melalui media sosial dengan nama instagarmnya @lia_dapurmommylia.

"Untuk yang order biasanya ratusan. Untuk itu jika mau order minimal h-2 sebelum diambil. Moon cake ini juga cocok untuk dijadikan parcel saat imlek," katanya.

Bahan untuk membuat kue bulan atau moon cake.
Bahan untuk membuat kue bulan atau moon cake. (Tribunsumselwiki/Linda)

Berikut cara membuat Moon Cake

Bahan Kulit

Bahan A

Tepung terigu sebanyak 350 gram

Bahan B

Terigu 75 gram
Gula syirup 175 gram
Minyak sayur 50 gram
Soda kue 5 gram

Bahan Isian

Bisa menggunakan kacang hijau yang sudah diolah dan kacang merah. Isian bisa menyesuaikan sesuai selera. Kalau bahan kulitnya 20 gram maka isinya 35 gram.

Cara membuat :

Canpurkan semua bahan B, aduk rata sampai tercampur dan halus.

Jika semua tercampur rata diamkan selama 30 menit.

Setelah 30 menit, campurkan bahan B dengan bahan A sampai rata dan menyantuh.

Ikuti kami di
KOMENTAR
521 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved