Berkunjung Ke Kompleks Makam Sabokingking, Dikenal Sebagai Situs Telaga Batu

Di kota Palembang banyak makam-makam bersejarah seperti yang ada di Kompleks Makam Sabokingking, yang juga dikenal sebagai Situs Telaga Batu.

Tribunsumselwiki/Linda
Kompleks Makam Sabokingking, Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Sabtu (9/1/2021) . 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM, PALEMBANG - Di kota Palembang banyak makam-makam bersejarah seperti yang ada di Kompleks Makam Sabokingking, yang juga dikenal sebagai Situs Telaga Batu. 

Secara administratif Kompleks Makam Sabokingking berada di Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Kota Palembang. Secara astronomis berada pada titik S 02º58’24.1”  E 104º47’24.3”. 

Kompleks Makam Sabokingking, Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Sabtu (9/1/2021) .
Kompleks Makam Sabokingking, Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Sabtu (9/1/2021) . (Tribunsumselwiki/Linda)

Sejarawan yang juga Budayawan Palembang Kemas Ari Panji mengatakan, Kompleks Pemakaman Sabokingking adalah salah satu kompleks pemakaman tertua di Palembang dan menjadi peristirahatan terakhir bagi sejumlah nama besar dalam sejarah Palembang. 

"Keberadaan Makam Sabokingking telah diketahui sebelum masa Islam di Palembang, yaitu sejak masa klasik pada masa Sriwijaya sekitar abad 7 Masehi," kata Kemas Ari Panji saat Jalan-jalan Sejarah bersama Komunitas Sahabat Cagar Budaya (SCB), Sabtu (9/1/2021) . 

Menurutnya, hal ini didasarkan adanya temuan prasasti Telaga Batu yang berdasarkan jenis aksaranya sejaman dengan prasasti masa Sriwijaya. 

Baca juga: Ratusan Orang Padati Kompleks Pemakaman Pendiri Kesultanan Palembang Darussalam

Selain itu bukti adanya peninggalan masa klasik diindikasikan temuan 2 buah batu yang merupakan asana atau tempat dudukan arca atau prasasti.  

"Salah satu asana tersebut terletak di dalam bangunan tertinggi satu ruang dengan nisan makam Pangeran Seda ing Kenayan, sedangkan yang satu berada di halaman bangunan di dalam pagar berdekatan dengan Gapura Paduraksa," jelasnya.

Kompleks Makam Sabokingking, Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Sabtu (9/1/2021) .
Kompleks Makam Sabokingking, Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Sabtu (9/1/2021) . (Tribunsumselwiki/Linda)

Masih kata Kemas Ari, unsur-unsur kepurbakalaan di Sabokingking  berlanjut pada masa berikutnya, yaitu dengan adanya makam yang merupakan tokoh-tokoh awal Kesultanan Palembang.  

Periodisasi yang diketahui dari tokoh-tokoh pendiri Kesultanan Palembang yang dimakamkan di makam Sabokingking adalah awal abad ke-16 Masehi. 

Bangunan kompleks makam Sabokingking menurutnya dikelilingi air yang menyerupai pulau di tengah danau.

Bangunan makam dapat dituju dengan jalan semen yang menghubungkan bangunan utama dengan daratan. 

Di depan bangunan terdapat gapura tembok berbentuk paduraksa sebagai penghubung jalan dengan bangunan utama. 

Selain itu  menurutnya, Kompleks Makam Sabokingking memiliki denah berbentuk empat persegi panjang dan merupakan bangunan tembok beratap limasan yang didalamnya terdapat makam-makam dengan bentuk lantai bertingkat.  

Sejarawan yang juga Budayawan Palembang Kemas Ari Panji menjelaskan kepada Komunitas Sahabat Cagar Budaya (SCB)  tentang Kompleks Makam Sabokingking, Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Sabtu (9/1/2021) .
Sejarawan yang juga Budayawan Palembang Kemas Ari Panji menjelaskan kepada Komunitas Sahabat Cagar Budaya (SCB) tentang Kompleks Makam Sabokingking, Jalan Sabokingking, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur 1, Sabtu (9/1/2021) . (Tribunsumselwiki/Linda)

Bangunan makam terdiri dari 3 buah teras, dengan perincian setiap teras ada yang memiliki cungkup dan tidak bercungkup. 

1. Teras pertama 

Pada bagian teras pertama dimakamkan tokoh seorang panglima besar Ki Mas Agus Bodrowongso atau Ki Abdurahman yang terletak bagian paling bawah sebelah barat bangunan.  

Selain itu terdapat makam para panglima yang kedudukannya lebih rendah dibandingkan panglima yang dimakamkan di teras kedua.

2. Teras kedua 

Pada bagian teras kedua terdapat 4 buah makam. 

3. Teras ketiga

Ikuti kami di
KOMENTAR
492 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved