Rika Efianti Sekretaris Gubernur Sumel Herman Deru

Rika Efianti yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Pribadi Gubernur Sumsel Herman Deru kini menjabat sebagai Plt Kepala Biro Humas dan Protokol.

Tribunsumselwiki/Linda
Rika Efianti 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM, PALEMBANG - Diusianya yang masih muda, Rika Efianti (36) sudah pernah menjabat berbagai jabatan di Pemerintahan, baik pemerintah daerah maupun Provinsi di Sumatera Selatan (Sumsel).

Rika Efianti yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Pribadi Gubernur Sumsel Herman Deru kini menjabat sebagai Plt Kepala Biro Humas dan Protokol serta sebagai Kepala Bagian Administrasi dan Dokumentasi Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel.

"Saya CPNS dari 2008 penempatannya di BKD Kabupaten OKU Timur. Setelah dua bulan di situ diminta menjadi staf Bupati OKU Timur pada saat waktu itu dijabat Herman Deru," kata Rika saat dibincangi Tribun Sumsel di Kantor Gubernur beberapa waktu lalu.

Wanita yang sudah memili dua orang anak ini pun menceritakan, bahwa dari 2008 sampai 2011 ia menjadi Sekretaris Bupati OKU Timur.

Lalu dari 2011 merangkap menjadi Kasubag Humas Sampai 2015.

Kemudian dipromosikan jadi Kabid Industri di Dinas Perdagangan dan Perindustrian di OKU Timur.

Rika Efianti
Rika Efianti (Tribunsumselwiki/Linda)

"Jabatan itu saya emban dari 2015 sampai Desember 2018. Karena Januari 2019 saya diminta ke Palembang," katanya.

Menurutnya, awalnya di Pemprov Sumsel ia jadi staf selama beberapa bulan dan jadi Sekertaris Pribadi Gubernur Sumsel Herman Deru.

Lalu jadi Kepala Bagian Administrasi dan Dokumentasi Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel dan kini juga menjadi Plt Kepala Biro Humas dan Protokol.

"Jadi kalau dihitung sudah 12 tahun bekerja bersama Herman Deru. Untuk suka duka banyak, sebab gubernur orangnya perfectionist, dan sepontan sehingga kita harus siap serta cekatan," ungkapnya.

Selain itu juga dituntut berpikir cepat, karena disuatu pertemuan itu bisa dua, tiga perintah yang harus dilaksanakan dengan cepat.

Misalnya pertama panggil A, B, C, lalu tolong rapat dengan A, B dan seterusnya.

Jadi dalam satu pertemuan itu bisa lebih dari tiga perintah yang harus cepat direspon.

Sebab gubernur selalu mengedepankan produk, jadi setelah diperintahkan dilaporkan hasilnya.

Rika mengatakan, sukanya banyak dikenal banyak orang secara luas, karena gubernur sering keluar kota bertemu dengan masyarakat sehingga menjadi sesuatu yang baru baginya.

"Ketemu orang baru, mengenal suatu daerah yang belum kita kenal dan lain-lain," kata alumni Unsri Fakultas Akutansi.

Dengan kesibukan yang begitu banyak lantas tak membuat Rika mengabaikan keluarganya.

Menurutnya, untuk bagi waktu antara pekerjaan dan keluarga tentu harus punya trik-trik.

"Kalau bagi saya yang terpenting itu kualitas bukan kuantitas. Itulah yang saya jaga selama ini. Jadi kalau sudah dirumah maka saya usahakan minimal satu jam itu benar-benar berkumpul dengan keluarga, dengerin anak cerita dan lain-lain," katanya.

Lalu yang tak kalah penting itu menurutnya, komitmen dengan pasangan bahwa ini sesuatu tugas yang harus dijalankan, maka harus saling mengerti.

Ikuti kami di
KOMENTAR
487 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved