Sadiyah Sofiana Finalis Puteri Tari Indonesia Asal Sumsel

Sa’diyah Sofiana, gadis asal Palembang ini merupakan finalis Putera Puteri Tari Indonesia 2020, mewakili Sumatera Selatan (Sumsel).

Istimewa
Sadiyah Sofiana finalis Puteri Tari Indonesia asal Sumsel. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM -Sa’diyah Sofiana, gadis asal Palembang ini merupakan finalis Putera Puteri Tari Indonesia 2020, mewakili Sumatera Selatan (Sumsel). 

"Kesibukan saat ini latihan dan mempersiapkan baju etnik yang nantinya akan ditampilkan di grand final Puteri Puteri Tari Indonesia di Jakarta," kata Sa’diyah Sofiana atau yang sering di sapa Diyah, Rabu (16/12/2020).

Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang ini menceritakan, bahwa  sebelumnya ia telah mengikuti sejumlah seleksi.   

Salah satunya berhasil meraih juara di ajang Puteri Tari Sumsel 2020.

Sadiyah Sofiana finalis Puteri Tari Indonesia asal Sumsel.
Sadiyah Sofiana finalis Puteri Tari Indonesia asal Sumsel. (Istimewa.)

Untuk itulah ia terpilih menjadi perwakilan Sumsel untuk mengikuti Putera Puteri Tari Indonesia 2020, untuk kategori terfavorit.

"Saat grand final nanti saya akan membawa tarian tradisional Sumsel, Tari Sriwijaya Terbelah," kata wanita kelahiran Januari 2001 ini. 

Menurutnya, tarian ini dipilih sebagai upaya mempromosikan tarian daerah ke tingkat nasional.

Menurutnya Juara 1 tari se-kota Palembang 2016 ini, lewat pemilihan ini juga menjadi momen baginya untuk mempromosikan tarian Sumsel dan mengenal budaya daerah lain yang ada di Indonesia.

"Saya sudah mengikuti karantina virtual bersama para finalis dari seluruh Indonesia, pada April lalu. Selama dikarantina, saya mengerjakan beberapa tugas kesenian dari tim juri diantaranya mempromosikan budaya Indonesia," katanya. 

Selain karantina virtual, informasinya juga ada karantina di Wisma Tani Jakarta. 

Di sana akan dikarantina selama tiga hari, 17-19 Desember 2020, hingga akhirnya Malam Penganugerahan Putera Puteri Tari Indonesia. 

Menurut Diyah yang pernah jadi Juara II tari se-kota Palembang 2017, ia suka menari dari kelas 4 SD.

Baca juga: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

Ia rajin latihan dan juga suka ikut lomba tari. Menurutnya belajar nari itu awalnya susah di olah tubuh, lalu mendalami rasa menari juga sulit.

"Kalau saya dulu latihannya biar bisa medalaminya dengan cara latihan depan cermin, dengan begitu kita bisa melihat dan membayangkannya. Yang tak kalah penting itu harus mau berusaha dan ikhlas," katanya.

Buah hati Harlis Suhayat ini meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Sumsel termasuk Palembang dengan cara, follow akun Instagram @puteraputeritariindonesia. 

Lalu cari foto finalis favorit, berikan like dan comment di finalis favorit serta mengunggah foto finalis favoritmu dengan  #PuteraputeriTariSumateraSelatan2020 dan mention @PuteraputeriTariSumateraSelatan.    

Baca juga: Mengenal Tari Sambut Sondok Piyogo dari Kesultanan Palembang Darussalam 

Baca juga: Museum Negeri Sumsel Miliki 8.894 Koleksi, Dipamerkan di Museum

Ikuti kami di
KOMENTAR
486 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved