Bangunan di Sumsel Nantinya Akan Ada Ciri Khas Bentuk Tanjak

Herman Deru serius menjadikan tanjak dibuat dibangun-bangunan. Hal tersebut dibuktikannya dengan diajukannya Pergub nya ke Mendagri.

Istimewa.
Masyarakat berfoto di pintu Gerbang Griya Agung yang sudah menggunakan motif tanjak. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Saat melintasi Jalan Demang Lebar Daun tepatnya di depan gerbang keluar dan masuk Griya Agung, Anda akan melihat gerbang dengan motif tanjak khas Sumatera Selatan (Sumsel). 

"Gerbang di Griya Agung saat ini bentuknya tanjak khas Sumsel. Ini sebagai wujud kecintaan kita sebagai warga Sumsel," kata Gubernur Sumsel Hemran Deru beberapa waktu lalu. 

Bahkan Herman Deru serius menjadikan tanjak  dibuat dibangun-bangunan.

Hal tersebut dibuktikannya dengan diajukannya Peraturan Gubernur (Pergub) nya ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baca juga: Tokoh Budaya Palembang Bagikan Tips Cara Membuat Tanjak

"Pergubnya diajukan dan nantinya tinggal menunggu verifikasi dari Mendagri. Mudah-mudahan diawal 2021 sudah bisa dilaksanakan," kata Herman Deru.

Menurut Deru, bangunan dengan motif tanjak ini berlaku untuk apa saja, bisa untuk bangun umum, perkantoran, tempat-tempat umum, akses keluar masuk jalan tol dan lain-lain.

"Inilah salah satu yang tidak berbeda di Sumsel. Semua suku yang ada di Sumsel ada tanjak. Berbeda dengan yang lain, misal kalau senjata setiap darah beda-beda, begitu juga dengan songket ada bergam. Untuk itu tanjak ini kita harapkan sebagi pemersatu warga Sumsel," katanya. 

Masyarakat berfoto di Gerbang Griya Agung yang sudah menggunakan motif tanjak.
Masyarakat berfoto di Gerbang Griya Agung yang sudah menggunakan motif tanjak. (Istimewa)

Sedangkan Kepala Dinas PU Perkim Provinsi Sumsel Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc menambahkan, intinya bahwa bangunan-bangunan ada sentuhan desain kearifan lokal.  "Diharapkan bangun-bangun pemerintah ada sentuhan desain kearifan lokal seperti tanjak ini," katanya.     

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, pihaknya sangat mendukung instruksi Gubernur yang meminta setiap bangunan harus ada ciri khas Provinsi Sumsel yaitu Tanjak.

"Ini bagus sekali, instruksi ini untuk membudidayakan bahwa tanjak itu ciri khas Provinsi sumsel. Jadi dengan tanjak ini orang-orang akan tahu dan kenal bahwa kalau tanjak itu Sumsel," katanya

Untuk Tanjak yang akan dibangun di setiap bangunan yang ada di Provinsi Sumsel, pihaknya terlebih dahulu meminta saran dengan lembaga-lembag terkait.

"Ya, untuk tanjak ini kita akan minta saran dari lembaga adat, budayawan dan pihak-pihak terkait lainnya," ujar Aufa.

Baca juga: Berkunjung ke Museum dr. A. K. Gani, Gubernur Sumsel Pertama

Ikuti kami di
KOMENTAR
484 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved