Berkunjung ke Museum dr. A. K. Gani, Gubernur Sumsel Pertama

dr. A. K. Gani ini merupakan Gubernur Sumsel pertama. dr. A. K. Gani juga pernah menjadi Wakil Perdana Menteri Indonesia pertama.

Tribunsumselwiki/Linda
Pengunjung sedang melihat koleksi yang ada di Museum dr. A. K. Gani. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Berkunjung ke Museum dr. A. K. Gani cukup mengasyikkan, karena Anda bisa belajar tentang sejarah dan melihat-lihat koleksi milik Mayjen TNI (Purn) dr. Adnan Kapau Gani atau biasa dipanggil dr. A. K. Gani.

Berbagai barang koleksi dr. A.K. Gani dipamerkan di Museum ini seperti mobil Jeep, alat-alat kesehatan yang digunakan dr. A. K. Gani, mesin ketik, kamera, piagam, ratusan buku tersusun rapi, dan masih banyak yang lainnya.

"dr. A. K. Gani ini merupakan Gubernur Sumsel pertama," kata Kepala Museum dr. A. K. Gani Priyanti Gani saat di Museum dr. A. K. Gani yang ada di Jalan MP Mangkunegara nomor 1, Kecamatan Ilir Timur (IT) II, Palembang beberapa waktu lalu.

Pengunjung sedang melihat koleksi yang ada di Museum dr. A. K. Gani.
Pengunjung sedang melihat koleksi yang ada di Museum dr. A. K. Gani. (Tribunsumselwiki/Linda)

Menurut Priyanti, dr. A. K. Gani juga pernah menjadi Wakil Perdana Menteri Indonesia pertama dan juga pernah menjadi Menteri Perhubungan Indonesia.

Bahkan dr. A. K. Gani juga perintis jalan tol Trans Sumatera.

Baca juga: Titik Nol Kilometer (0 Km) Palembang

Selain itu juga turut terlibat dalam pembentukan Kodam II Sriwjiaya, dan Pembentukan Bank Sumsel Babel pada saat dr. A. K. Gani menjadi Komisaris Bank Umum Nasional Indonesia.  

"Museum dr. A. K. Gani ini sudah 2004. Namun baru diresmikan November 2020. Museum dr. A.K. Gani buka setiap hari dari pukul 9.00 WIB hingga 17.00 WIB," katanya.

Tas Dokter, barang koleksi yang ada di Museum dr. A. K. Gani.
Tas Dokter, barang koleksi yang ada di Museum dr. A. K. Gani. (Tribunsumselwiki/Linda)

Peresmian Museum dr. A.K. Gani ini dilakukan sekaligu dengan diselenggarakannya Pameran Keliling Museum Negeri Sumsel Tahun 2020 di Museum dr. A. K. Gani

Bagi warga yang ingin melihat isi Museum dr. A. K. Gani bisa datang langsung ke lokasi.

Apalagi tak ada tarif khusus untuk masuk ke museum ini, melainkan seikhlasnya saja. 

"Dengan adanya pameran keliling ini masyarakat bisa lebih mengenal dr A. K. Gani. Perjuangannya, kiprahnya untuk kemajuan Sumsel, bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Baca juga: Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang

Baca juga: Museum Negeri Sumatera Selatan

Ikuti kami di
KOMENTAR
482 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved