Totebag Etnik Berbalut Kain Motif Khas Sumsel

Inovasi produk saat pandemi ini seperti masker kain etknik, Totebag Etnik, Tshirt Etnik, Hijab Etnik dan lain-lain.

Tribunsumselwiki/Linda
Model mengenakan Totebag Etnik, Senin (19/10/2020). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Saat pandemi Covid-19 usaha kecil dan menengah (UKM) dituntut kreatif dan inovatif. Hal ini diperlukan agar tetap bisa bertahan dan bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Owner Rumah Songket Adis (RSA) Adis, bahwa kondisi saat ini bukanlah suatu alasan untuk para desainer dan UKM menjadi pasif dalam berkarya. Maka jangan sampai saat pandemi jadi UKM yang pasif dan tidak kreatif. 

"Ada stigma yang mengatakan bahwa pasaran sedang sepi, padahal menurut saya disinilah kreativitas kita sedang diuji," kata Adis saat di Rumah Songket Adis yang ada di Komplek Ramayana, Ilir Barat Permai, Senin (19/10/2020).

Totebag Etnik yang ada di Rumah Songket Adis di Komplek Ilir Barat Permai, Senin (19/10/2020).
Totebag Etnik yang ada di Rumah Songket Adis di Komplek Ilir Barat Permai, Senin (19/10/2020). (Tribunsumselwiki/Linda)

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa sebagai enterpreneur tentu harus siap menghadapi berbagai situasi dan kondisi. Jadi harus bisa berfikir bagaimana agar tetap bisa berjualan. 

"Caranya bisa dengan mengikuti trend yang sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada. Namun tetap pada jalur yang kita jalani saat ini, bukan dengan memutar haluan kebidang usaha lain," kata Adis yang juga mempunyai brand Adis Karim.

Menurut Adis pada saat pendemi ini, orang tentu membutuhkan suatu produk yang bermanfaat, nyaman digunakan namun tetap fashionable. 

Untuk itu ia pun mengeluarkan berbagai inovasi produk saat pandemi ini seperti masker kain etknik, Totebag Etnik, Tshirt Etnik, Hijab Etnik dan lain-lain.

Totebag Etnik dan Tshirt Etnik diberi sentuhan motif kain khas Sumatera Selatan (Sumsel) dan bisa diberi nama sesuai request dari pelanggan. 

"Misal mau nama kita dibikin di Totebag atau Tshirt bisa, ini bisa jadi identitas kita dan jadi fashion mode saat pandemi," ungkapnya.

Menurutnya, inspirasi membuat Totebag Etnik dan Tshirt Etnik yang bisa dibuat nama ini karena saat pandemi Covid-19 ini kan pada pakai masker. 

Jadi ketika pakai masker sulit mengenali siap itu siapa ini, karena mukanya tertutup makser. Maka dengan adanya Totebag maupun T-shirt yang ada tulisan nama lebih mudah mengenali.

Terlebih produk yang ia hadirkan ini etnik seperti motif bung cino, cantik manis, limaran, berante dan lain-lain.

Tshirt Etnik yang ada di Rumah Songket Adis, Senin (19/10/2020).
Tshirt Etnik yang ada di Rumah Songket Adis, Senin (19/10/2020). (Tribunsumselwiki/Linda)

Untuk harga Totebag Etnik mulai Rp 600 ribu dan untuk Tshirt Etnik Rp 225 ribu. Untuk Tshirt dibuat dari bahan cotton combed yang nyaman, yang di padu dengan kain motif etnik Sumsel.

"Untuk Totebag ini kalau mau request nama maka pemesanannya selesai dua Minggu, tapi kalau yang tidak mau pakai nama juga ada dan ready," kata Adis yang juga mempunyai brand The Palembang Heritage. 

Adis menambahkan, kalau membuka usaha jangan hanya satu produk. Maka perlu inovasi dan buat banyak produk (multi produk), sehingga ketika adanya pandemi atau bahkan ketika ekonomi sedang tidak stabil maka bisa saling melengkapi. Ketika satu produk sedang jatuh, masih ada produk yang lain yang masih laku dipasaran.

"Maka kita harus tetap berfikir bagaimana agar pengrajin tetap berjualan, toko tetap didatangi pelangan dan bisa juga jualan online. Alhamdulillah di masa pandemi ini RSA tidak mengalami perubahan, karena produk yang kita hadirkan bukan hanya momen tertentu saja tapi produk yang dipakai sehari-hari," tutupnya

Baca JugaKoleksi Pakaian untuk Lebaran dari Adis Karim yang Terinspirasi Dari Uzbekistan

Gula Aren Wak Uban, 100 Persen Murni

Ikuti kami di
KOMENTAR
472 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved