Naman-Nama Pjs Lima Kabupaten yang Laksana Pilkada di Sumsel, Beserta Komentar Pjs yang Ditunjuk

Dari tujuh kabupaten yang menggelar Pilkada, ada lima kabupaten yang bakal diisi oleh Pjs.

Dokumen Humas Pemprov Sumsel (ist)
Herman Deru 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Jelang masa kampanye Pilkada Serentak di Sumatera Selatan (Sumsel), tampuk kepemimpinan di sejumlah Kabupaten di Sumsel bakal diisi oleh Pejabat Sementara (Pjs).

Di Sumsel sendiri ada tujuh Kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak.

Dari tujuh kabupaten yang menggelar Pilkada, ada lima kabupaten yang bakal diisi oleh Pjs yaitu Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Musirawas, dan Kabupaten Musirawas Utara.

Sementara dua lainnya tetap dipimpin oleh pejabat definitif lantaran tidak kembali mencalonkan diri.

Kabupaten OKU Timur tetap dipimpin Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi sementara Kabupaten Pali dipimpin Wakil Bupati, Ferdian Andreas Lacony sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati.

Pemprov Sumsel telah mengajukan nama-nama yang akan mengisi jabatan Pjs.

Gubernur Sumsel Herman Deru akhirnya mengumumkan lima nama Pjs di lima kabupaten di Sumsel yang akan melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Adapun kelima penjabat tersebut yakni :

1. Aufa Syahrizal Syarkoni (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel) menjadi Pjs di Kabupaten Ogan Ilir,

2. Muhammad Zaki Aslam (Karo Umum dan Perlengkapan Pemprov Sumsel) menjadi Pjs di Kabupaten OKU.

3. Nora Elisya (Kepala BKD Sumsel) menjadi Pjs di OKU Selatan.

4. Ahmad Rizali (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan) menjadi Pjs di Musi Rawas.

5. Suman Asra Supriyono (Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan) menjadi Pjs di Muratara.

"Saya sudah menunjuk orang yang akan menjabat Pjs di lima kabupaten," kata Herman Deru saat di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (25/9/2020).

Deru mengatakan, bahwa penjabat sementara ini hanya perpanjangan tangan gubernur dan tidak berhak memindahkan. Jadi hanya menjalankan program-program bupati definitif yang saat ini sedang cuti karena mencalonkan diri pada Pilkada serentak.

"Pjs tidak boleh melenceng dari program dan visi misi bupati definitif. Jadi, tidak boleh improve, hanya secara administratif menjalankan tugas bupati definitif," katanya.

Sementara, untuk kabupaten OKU Timur dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tidak ada pergantian penjabat karena masih ada bupati dan wakil bupati yang tidak mengikuti kontestasi politik.

Khusus untuk Pjs Bupati PALI masih tertunda karena Bupati PALI, Heri Amalindo, belum ditetapkan sebagai calon bupati yang akan mengikuti Pilkada.

"Hari ini ia sudah diperiksa kesehatannya dan tanggal 6 Oktober baru akan ditetapkan. Makanya ditunda dulu Plt ny," katanya.

Sementara itu Ahmad Rizali mengatakan, bahwa ia bersyukur atas amanah dari pimpinan atas tugas ini. Sebagai ASN siap menjalankan tugas yang diamanahkan Pimpinan.

Ikuti kami di
KOMENTAR
452 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved