Tips Jualan Online bagi Pemula dari Pengamat Ekonomi

Penjualan secara live di berbagai sosial media adalah salah satu strategi pemasaran secara digital yang kian diminati.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
Tribunsumselwiki/Linda
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Pemasaran secara online atau digital marketing kian digandrungi masyarakat. Bahkan banyak bermunculan usaha-usaha baru via online.

Nah bagaimana cara memasarkan produk secara online? Berikut tips strategi jualan online dari Pengamat Ekonomi, Dr Sri Rahayu, SE.MM.

"Penjualan secara live di berbagai sosial media adalah salah satu strategi pemasaran secara digital yang kian diminati," katanya, Selasa (15/9/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, digital marketing ini banyak dipilih orang karena mudah dan murah. Cukup memasarkan via sosial media bisa dapat dipasarkan dengan cepat.

"Setiap saya memberikan pelatihan kepada UMKM, maka selalu saya kasih tips agar mereka mempromosikan produknya lewat sosmed yang gratis dan mudah," katanya.

Sosmed yang bisa digunakan seperti Facebook, Instagram dan lain-lain, yang sudah sangat familiar di kalangan ibu-ibu dan remaja.

"Sebagai UMKM yang baru mau tumbuh tentunya biaya promosi sangat berat. Jadi dengan lewat Facebook akan sangat membantu mereka mempromosikan produknya," katanya.

Namun, di kalangan anak milenial FB kurang disukai karena produk yang dipromosikan kadang tidak sesuai dengan aslinya dan kadang dari sisi harga sangat tidak sesuai.

"Maka kuncinya kalau mau berdagang dan promosi dengan Facebook dengan niat yang baik," jelas dia.

Tapi saat ini, penjualan live juga semakin banyak digandrungi karena murah dan mudah.

"Ukuran efektif adalah ketika pesan iklan kita tersampaikan dan indikasinya ada peningkatan permintaan atau penjualan," tuturnya.

Sehingga bisa dievaluasi ketika konsumen membeli bolelah ditanyakan tau dari mana atau dapat info dari mana tentang produk yang kita jual sehingga bisa menjadi bahan evaluasi.

"Saat ini pengguna Facebook di Indonesia yang paling tinggi pada kisaran umur 13 sampai dengan 29 tahun," bebernya.

Sri Rahayu
Sri Rahayu (Istimewa)

Sri Rahayu pun membagikan tips memasarkan produk di sosial media yakni dengan menggunakan hashtag, karena ini memudahkan orang dalam pencarian di sosial media.

"Lalu post foto yang menarik agar menarik peminat orang, bila perlu gunakan jasa fotografer," pesannya.

Tak hanya itu, kerjasama influencer maupun memanfaatkan teman atau saudara yang memiliki follower yang banyak juga perlu.

Agar produk yang dipasarkan dikenal luas.

"Berikan informasi yang banyak terkait produk yang kita jual seperti harga, bahan, tempat dimana kita jual, kontak nomor telepon dan lain-lain," bebernya.

Terakhir yakni manfaatkan market place atau kerjasama dengan jasa pengiriman yang dapat memberikan benefit kepada konsumen berupa gratis ongkos kirim.

"Bisa juga gabung di E-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain-lain," tutupnya.

Baca Juga :

Apa Itu Klaster Keluarga? Ini Penjelasan dari Prof Yuwono

Lewat Pemasaran Digital, Produk Alishamarsya Sukses Jangkau Konsumen Pasar Internasional

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved