Tips Minum Kopi Untuk Pemula dari Barista

Bagi yang tidak biasa minum kopi tapi memiliki keinginan minum kopi ada baiknya mencoba kopi robusta.

Tribunsumselwiki/Linda
Barista di Palembang Vivi menunjukkan kopi buatannya. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Minum kopi memang nikmat bagi pencinta kopi. Namun bagaimana bagi pemula yang baru ingin mencoba minum kopi?

Berikut Tribun Sumsel Wiki ulas tentang tips minum kopi untuk pemula dari Barista yang ada di Palembang.

Barista Portal Warung Kopi Palembang Dian Novita mengatakan, bahwa minum kopi ini ada tekniknya.

"Teknik minum kopi seperti stabilkan dulu metabolisme dalam tubuh," katanya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, maksudnya menstabilkan dulu ini seperti saat bangung tidur dianjurkan minum air putih terlebih dahulu baru minum yang lain seperti minum kopi.

"Kalau bisa sarapan dulu, karena akan lebih baik minum kopi dalam keadaan perut tidak kosong atau sudah sarapan," ungkapnya.

Menurutnya, bagi yang tidak biasa minum kopi tapi memiliki keinginan minum kopi ada baiknya mencoba kopi robusta.

"Robusta itu memang pahit, tapi bisa diminimalisir rasa pahitnya agar nyaman di perut saat diminum," katanya.

Vivi saat membuat kopi.
Vivi saat membuat kopi. (Tribunsumselwiki/Linda)

Sebab kalau mempunyai masalah pada lambung jika minum kopi Arabika bisa menyebabkan asam lambung tinggi. Untuk itu disarankan yang robusta.

"Belajar dulu minum kopi Robusta insya Allah aman bagi yang punya asam lambung," kata Vivi yang juga sebagai instruktur senam ini.

Vivi pun membeberkan, bahwa kopi robusta dan arabika itu bisa dibedakan dengan cara melihat karakteristik fisiknya seperti untuk kopi Robusta biji kopinya lebih besar dari Arabika. Lalu untuk segi rasa kalau robusta lebih pahit sedangkan Arabika asam.

"Bagi yang tidak suka kopi tapi penasaran dengan rasa kopi yang beda, maka bisa mencoba hot coffee latte tanpa gula," bebernya.

Menurutnya, untuk hot coffe latte tanpa gula ini rasanya masih balance antara pahitnya kopi bercampir dengan susu.

"Bisa juga coba Vietnam Drip Coffee itu kan ada susunya juga," katanya.

Sekilas cerita tentang Barista Vivi

Dian Novita atau yang sering disapa Vivi berusia 37 tahun. Diusianya yang terbilang sudah tidak mudah lagi, namun ia tetap semangat untuk belajar dan mengeluti dunia barista.

"Saya belajar barista diusia 33 tahun secara otodidak," kata Vivi saat dibincangi Tribun Sumsel di Palembang Coffe Expo yang diadakan di Atrium Palembang Indah Mal beberapa waktu lalu.

Vivi yang sudah memiliki dua orang anak ini awalnya merupakan instruktur senam. Namun karena tuntutan ekonomi sebagai single parent, karena suaminya telah meninggal akhirnya ia harus bekerja untuk bisa menghidupi kedua anaknya.

"Kalau jadi instruktur senam itu bayarnya tidak seberapa, maka saya berfikir untuk bekerja yang mengandalkan skill. Sehingga saya jatuhkan pilihan untuk jadi barista," kata Vivi

Vivi saat membuat kopi.
Vivi saat membuat kopi. (Tribunsumselwiki/Linda)

Vivi pun menceritakan, bahwa awal mula ia jatuh hati dengan barista ini karena melihat anak-anak muda asik ngopi dan sampai akhirnya ketemu dengan baristanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
442 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved