Tradisi Bagi-bagi Bubur Suro di Palembang

Sebanyak 1.500 porsi Bubur Suro dibagi-bagi kepada warga secara gratis di Masjid Suro Palembang.

Tribunsumselwiki/Linda
Anak-anak yatim memakan Bubur Suro di Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Masjid Al Mahmudiyah atau yang kerap disebut Masjid Suro Palembang setiap tahunya rutin membagi-bagikan Bubur Asyura atau Bubur Suro saat memperingati 10 Muharram.

Sekretaris Masjid Suro Palembang Muhammad Irsan mengatakan, bahwa setiap 10 Muharram memang sudah menjadi tradisi bagi-bagi Bubur Suro.

Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020).
Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020). (Tribunsumselwiki/Linda)

"Tahun ini kita bagi kan 1500 porsi Bubur Suro secara gratis untuk warga disekitar kawasan 30 Ilir," katanya saat di Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, maknanya yang jelas dari rutinitas tahun ini adalah sedekah. Kalau bersedekah di 10 Muharram pahalanya lebih besar dari hari biasanya.

Sementara itu, Juru masak Bubur Suro di Masjid Suro Palembang Yusuf menjelaskan, proses pembuatan untuk mengolah bubur Suro hingga matang dapat memakan waktu selama 4 jam.

Proses pembuatan Bubur Suro.
Proses pembuatan Bubur Suro. (Tribunsumselwiki/Linda)

Bubur Suro juga dibuat dalam wadah khusus yang terbuat dari tembaga kuningan dan biasa disebut grengseng oleh warga Palembang.

"Dimasaknya juga menggunakan kayu bakar pilihan. Namanya kayu pelawan yang memang terkenal bagus untuk proses memasak," katanya.

Yusuf menjelaskan, bahan-bahan untuk membuat bubur Suro diantaranya terdiri berbagai rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, cengkeh, kayu manis, buah pala, kecap asin, daun sop dan daun bawang.

Bahan-bahan tersebut nantinya dicampur jadi satu dengan beras dan daging cincang.

"Biasanya campuran daging dan beras itu masing-masing 20 kg. Lalu dicampur dengan bumbu dan dimasak selama 4 jam sampai matang, sambil terus diaduk," ujarnya.

Bubur Suro.
Bubur Suro. (Tribunsumselwiki/Linda)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved