Tradisi Bagi-bagi Bubur Suro di Palembang

Sebanyak 1.500 porsi Bubur Suro dibagi-bagi kepada warga secara gratis di Masjid Suro Palembang.

Tribunsumselwiki/Linda
Anak-anak yatim memakan Bubur Suro di Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020). 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Masjid Al Mahmudiyah atau yang kerap disebut Masjid Suro Palembang setiap tahunya rutin membagi-bagikan Bubur Asyura atau Bubur Suro saat memperingati 10 Muharram.

Sekretaris Masjid Suro Palembang Muhammad Irsan mengatakan, bahwa setiap 10 Muharram memang sudah menjadi tradisi bagi-bagi Bubur Suro.

Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020).
Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020). (Tribunsumselwiki/Linda)

"Tahun ini kita bagi kan 1500 porsi Bubur Suro secara gratis untuk warga disekitar kawasan 30 Ilir," katanya saat di Masjid Suro Palembang, Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, maknanya yang jelas dari rutinitas tahun ini adalah sedekah. Kalau bersedekah di 10 Muharram pahalanya lebih besar dari hari biasanya.

Sementara itu, Juru masak Bubur Suro di Masjid Suro Palembang Yusuf menjelaskan, proses pembuatan untuk mengolah bubur Suro hingga matang dapat memakan waktu selama 4 jam.

Proses pembuatan Bubur Suro.
Proses pembuatan Bubur Suro. (Tribunsumselwiki/Linda)

Bubur Suro juga dibuat dalam wadah khusus yang terbuat dari tembaga kuningan dan biasa disebut grengseng oleh warga Palembang.

"Dimasaknya juga menggunakan kayu bakar pilihan. Namanya kayu pelawan yang memang terkenal bagus untuk proses memasak," katanya.

Yusuf menjelaskan, bahan-bahan untuk membuat bubur Suro diantaranya terdiri berbagai rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, cengkeh, kayu manis, buah pala, kecap asin, daun sop dan daun bawang.

Bahan-bahan tersebut nantinya dicampur jadi satu dengan beras dan daging cincang.

"Biasanya campuran daging dan beras itu masing-masing 20 kg. Lalu dicampur dengan bumbu dan dimasak selama 4 jam sampai matang, sambil terus diaduk," ujarnya.

Bubur Suro.
Bubur Suro. (Tribunsumselwiki/Linda)

Lebih lanjut dikatakannya, bila bubur sudah matang dan siap untuk dibagikan, warga akan berdatangan dengan membawa piring yang dibawa masing-masing dari rumah.

Setelah dibagikan, warga akan langsung membawa pulang bubur yang mereka terima.

Sedangkan terkhusus untuk anak yatim, pengurus Masjid sudah menyediakan piring dan makanan untuk makan bersama di masjid serta berdoa bersama memohon keselamatan.

Suasana pembagian Bubur Suro di Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020).
Suasana pembagian Bubur Suro di Jalan Kigede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang, Sabtu (29/8/2020). (Tribunsumselwiki/Linda)

Diikuti dari Tribunsumsel.com, sejarah Bubur Suro menurut Menurut Ustad Taufik yaitu, bubur asyura yaitu pertama kali dibuat di 10 Muharram atau 10 asyura.

Ceritanya pada masa itu Nabi Nuh AS bersama umatnya menghidari banjir bandang berlayar menuju bukit judi.

Lalu sesampainya di bukit judi, umat yang berada di kapal tersebut merasa lapar.

Karena orang Arab ini makannya kebanyakan kacang-kacangan maka dikumpulkanlah jadi satu dan dibuat bubur. Maka terkenalah dengan sebutan bubur asyura.

Jadi bubur asyura itu bubur yang dibuat ditanggal 10 asyura.

 Baca Juga :

Masjid Suro, Salah Satu Masjid Bersejarah Di Kota Palembang

Makam Ki Gede Ing Suro Dulunya Diresmikan Oleh Wakil Presiden RI Adam Malik

Ikuti kami di
KOMENTAR
430 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved