Kampus Multi Data Palembang (MDP)

Kampus MDP merupakan lembaga pendidikan, dimana terdapat tiga institusi yaitu STMIK (jenjang S1), AMIK (jenjang D3) dan STIE (jenjang S1).

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
Tribunsumselwiki/Linda
MDP yang ada di Jalan Rajawali nomor 14, Palembang. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Perkembangan teknolgi informasi merupakan peluang bagi perguruan tinggi ilmu komputer untuk berperan dalam pasar kerja maupun dunia usaha.

Peluang yang muncul bukan hanya pada pasar domestik, tapi pasar global. Hal yang harus diantisipasi adalah menyiapkan lulusannya sesuai dengan permintaan pasar.

Salah satu kampus yang berbasis pada komputer yaitu Multi Data Palembang (MDP).

Informasi

Kampus MDP ini ada di Jalan Rajawali nomor 14, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kontak : 0711 376400 dan WhatsApp 0851 0369 4000.

MDP merupakan lembaga pendidikan, dimana terdapat tiga institusi yaitu STMIK (jenjang S1), AMIK (jenjang D3) dan STIE (jenjang S1).

Lobby di MDP.
Lobby di MDP. (Tribunsumselwiki/Linda)

Sejarah

Berawal dari lembaga kursus yang berorientasi khusus memberikan pelatihan/kursus dari berbagai program aplikasi komputer, MDP didirikan pada tanggal 1 Juli 1987 di kota Palembang, tepatnya di Jalan Rupit No. 20.

Pada saat itu fasilitas laboratorium komputer yang ada hanya dua ruangan, dan pada bulan November 1988 dibuka cabang di Jalan Letkol Iskandar dengan fasilitas dua ruangan lab. komputer.

Seiring berkembangnya zaman khususnya untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang komputer dan untuk lebih meningkatkan pelayanan, maka manajemen MDP memutuskan mulai 7 Mei 1990 pindah ke lokasi baru di Jalan Lingkaran 1 No. 305 Palembang dengan kapasitas enam kelas dan fasilitas kelas lebih baik.

Guna memenuhi permintaan masyarakat yang semakin memerlukan suatu system pendidikan yang terarah sesuai bidang pekerjaannya, maka mulai Agustus 1993 Pusat Pendidikan Komputer MDP membuka Pendidikan Ahli Komputer (Program 1 tahun) setara dengan Diploma I (D1) dengan pilihan jurusan :

  • Teknik Informatika
  • Teknik Komputer
  • Komputerisasi Akuntansi
  • Komputer Disain Grafis,

Kemudian pada tahun 2000 ditambah satu jurusan yang sedang trend pada dunia internet sekarang ini yaitu Jurusan E-commerce.

Dengan didasari keinginan untuk berpartisipasi dalam pembangunan negara Republik Indonesia terutama pembangunan manusia yang berintegritas serta memiliki kemampuan di bidang Teknologi Informasi, maka Yayasan Multi Data Palembang berencana untuk mengembangkan lembaga pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.

Keinginan tersebut akhirnya terwujud dengan terbitnya Surat Keputusan Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan No. 189/D/O/2000, tanggal 7 September 2000, tentang pendirian Akademi Manajemen Informatika dan Komputer MDP serta pemberian Status Terdaftar untuk dua program Studi, yaitu Manajemen Informatika (D3) dan Teknik Komputer (D3).

Selang satu tahun penyelenggaraan AMIK MDP, pada tanggal 5 Juli 2001 terbit Surat Keputusan Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan No. 60/D/O/2001, tentang pendirian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Multi Data Palembang (STMIK MDP) serta pemberian Status Terdaftar kepada dua program studi, yaitu Teknik Informatika (S1) dan Sistem Informasi (S1).

Melengkapi program studi yang ada di STMIK MDP, pada tanggal 7 Agustus 2001 terbitnya izin penyelenggaraan satu program studi baru, yaitu Program Studi Komputerisasi Akuntansi (D3).

Sudah Terakreditasi

Seiring dengan perkembangan jaman, dan demi mewujudkan lulusan yang bermutu, maka STMIK/AMIK MDP mengikuti pengujian sertifikasi ISO, dan pada tanggal 2 Maret 2004 berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001-2000 tentang manajemen dari SGS dengan No. AU04/2002.

Di bidang akademik pada tanggal 28 Januari 2005, Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Teknik Informatika mendapat status "AKREDITASI" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan surat No. 001/Ban-PT/Ak-VIII/S1/I/2005.

Ikuti kami di
KOMENTAR
413 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved