Mengenal Pencak Silat Palembang, Ada Sejak Zaman Kesultanan Palembang Darussalam

Pencak Silat Palembang atau juga disebut Pencak Priayi yang kini dikenal sebagai Pencak Keraton Palembang Asli (PKPA).

Istimewa
Ilustrasi. Pencak silat Palembang. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Setiap daerah sudah barang tentu memiliki beragam seni beladiri tradisional, termasuk di Palembang.

Nah di Palembang ada namanya Pencak Silat Palembang atau juga disebut Pencak Priayi yang kini dikenal sebagai Pencak Keraton Palembang Asli (PKPA).

Pengamat Sejarah Kota Palembang Kms. H. Andi Syarifuddin mengatakan, bahwa Pencak Priayi Palembang ini adalah warisan dari
Keraton Kesultanan Palembang Darussalam. Yang harus terus dilestarikan sebagai warisan budaya.

"Di Palembang terdapat dua aliran besar pencak silat, yaitu Pencak Keraton dan Kuntu," kata Andi Syarifuddin saat dibincangi Tribun Sumsel melalui telepon, Minggu (14/6/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Pencak Keraton adalah pencak asli Keraton Kesultanan Palembang Darussalam secara turun temurun yang hanya khusus dapat dipelajari oleh kalangan bangsawan Palembang atau asli orang Palembang.

Sedangkan Kuntau boleh untuk umum, dipelajari oleh siapa saja, merupakan seni beladiri warisan masa lampau, yang dalam perkembangannya mendapat pula pengaruh dari asing, tetutama dari Cina (Kuntau = ilmu pukulan).

"Pencak silat adalah sejumlah gerak gerik dan langkah budaya dengan gaya yang indah dan harmonis yang bertujuan sebagai pembelaan diri dan disertai dengan penyerangan pada lawan. Sifatnya adalah secara ksatria menjaga kehormatan diri, keadilan dan kebenaran," katanya.

Menurutnya, pada zaman Kesultanan Palembang Darussalam, pencak silat asli keraton ini masih terus diajarkan dan dilestarikan.

Sebagai guru besarnya ialah Pangeran Ratu Purbaya Abubakar bin Sultan Muhammad Mansur.

Selanjutnya di tahun 1929, dibentuklah organisasi "Priayi Fonds" sebagai wadah pelestarian pencak Palembang ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Linda Trisnawati
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved