3 Kunci yang Perlu Dilakukan untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19 Menurut dr Mery Sulastri

Berkumur ini bisa menjaga kebersihan tengorokan dan mencegah demam pada anak. Untuk berkumurnya dianjurkan 3-5 kali sehari.

Istimewa
Edukator dan Praktisi Kesehatan dr. Mery Sulastri. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Menurut Edukator dan Praktisi Kesehatan dr Mery Sulastri, ada tiga hal yang menjadi kunci untuk mengurangi paparan dan transmisi penyebaran Covid-19 yaitu respiratory hygiene, hand hygiene dan social distancing.

"Respiratory hygiene seperti pakai masker, jaga jarak jika berbicara dengan orang lain, berkumur sampai tengorokan, dan gunakan semprot hidung," kata dr. Mery Sulastri saat Live Talk Virtual Fest 2020 yang diadakan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Jumat (5/6/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk berkumur ini harus sampai ke tenggorokan atau gargle caranya mudah.

Tengadahkan kepala ke belakang 45 derajat, buka mulut, dan keluarkan napas melalui mulut.

"Pintu masuk kuman itu lewat hidung dan mulut makanya perlu berkumur," ungkapnya.

Menurutnya, berkumur dan gargle ini bukan hal baru tapi cara ini sudah lama dilakukan, kalau untuk sehari-hari caranya bisa pakai air biasa, air garam, air teh hijau.

"Namun untuk saat ini akan lebih baik kalau pakai obat kumur yang ada antiseptik," cetusnya.

Untuk itu dr Mery menyarankan pada saat pandemi disarankan untuk berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik povidone iodine satu persen.

Ia menjelaskan, bahwa antiseptik itu salah satu zat yang bisa membunuh kuman makannya perlu obat kumur yang mengandung antiseptik.

Memang banyak obat kumur yang mengandung antiseptik, namun tidak semua obat kumur bisa membunuh kuman makanya perlu yang ada kandung povidone iodine.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved