Pemprov Sumsel Miliki Aplikasi Pantau Covid 19 SS, Bisa Diunduh di Play Store

Aplikasi Pantau Covid 19 SS hanya ada di Sumsel. Aplikasi ini digunakan untuk pemantauan dari hulu ke hilir.

Pemprov Sumsel Miliki Aplikasi Pantau Covid 19 SS, Bisa Diunduh di Play Store
Istimewa
Petugas Dishub sedang melakukan barkot (IST) 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 yaitu BPBD, Dinas Kesehatan, Diskominfo, Dishub dan KKP membuat aplikasi "Pantau Covid 19 SS".

"Aplikasi 'Pantau Covid 19 SS' hanya ada di Sumsel. Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel," kata Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel Dr Ekowati Retnaningsih, SKM, MKes saat dikonfirmasi, Rabu (27/5/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, aplikasi ini telah di-launching Gubernur Sumsel pada 4 Mei 2020 dan telah dilakukan pelatihan petugas serta uji coba lapangan pada 5-19 Mei 2020. 

"Sejak tanggal 20 Mei telah digunakan di lapangan. Aplikasi ini digunakan untuk pemantauan dari hulu ke hilir. Dengan menggunakan aplikasi ini maka kegiatan pemantauan dapat dilakukan secara sistimatis, efektif dan efisien, sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah," bebernya.

Eko menjelaskan, untuk di sisi hulu digunakan oleh jajaran perhubungan, yaitu untuk memantau Orang Pelaku Perjalanan (OPJ) yang masuk ke Sumsel di semua titik pintu masuk baik melalui udara, darat dan laut. 

"Kita dapat mengetahui pergerakan mereka, keluar masuk Sumsel dan mengetahui kondisi kesehatan atau keluhan kesehatannya mereka. Karena aplikasi ini terintegrasi dengan sisi hilirnya yaitu aplikasi 'Pantau Covid 19 SS' di jajaran kesehatan baik di Dinas kesehatan kabupaten/kota maupun Puskesmas," jelasnya.

Lalu masyarakat yang masuk Sumsel harus instal aplikasi 'Pantau Covid 19 SS'.

Aplikasi ini bisa di download di play store.

Maka, sebelum masuk di Wilayah Sumsel dianjurkan untuk menginstal instal aplikasi tersebut sehingga saat dilakukan pengecekan dan di singkronisasi data dengan petugas menjadi cepat. 

Aplikasi Pantau Covid 19 SS yang ada di Play Store.
Aplikasi Pantau Covid 19 SS yang ada di Play Store. (Istimewa)

Saat di wilayah Sumsel siapkan KTP atau SIM yang akan di-scan oleh petugas.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved