Pemprov Sumsel Miliki Aplikasi Pantau Covid 19 SS, Bisa Diunduh di Play Store

Aplikasi Pantau Covid 19 SS hanya ada di Sumsel. Aplikasi ini digunakan untuk pemantauan dari hulu ke hilir.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
Istimewa
Petugas Dishub sedang melakukan barkot (IST) 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 yaitu BPBD, Dinas Kesehatan, Diskominfo, Dishub dan KKP membuat aplikasi "Pantau Covid 19 SS".

"Aplikasi 'Pantau Covid 19 SS' hanya ada di Sumsel. Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel," kata Kepala Balitbangda Provinsi Sumsel Dr Ekowati Retnaningsih, SKM, MKes saat dikonfirmasi, Rabu (27/5/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, aplikasi ini telah di-launching Gubernur Sumsel pada 4 Mei 2020 dan telah dilakukan pelatihan petugas serta uji coba lapangan pada 5-19 Mei 2020. 

"Sejak tanggal 20 Mei telah digunakan di lapangan. Aplikasi ini digunakan untuk pemantauan dari hulu ke hilir. Dengan menggunakan aplikasi ini maka kegiatan pemantauan dapat dilakukan secara sistimatis, efektif dan efisien, sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah," bebernya.

Eko menjelaskan, untuk di sisi hulu digunakan oleh jajaran perhubungan, yaitu untuk memantau Orang Pelaku Perjalanan (OPJ) yang masuk ke Sumsel di semua titik pintu masuk baik melalui udara, darat dan laut. 

"Kita dapat mengetahui pergerakan mereka, keluar masuk Sumsel dan mengetahui kondisi kesehatan atau keluhan kesehatannya mereka. Karena aplikasi ini terintegrasi dengan sisi hilirnya yaitu aplikasi 'Pantau Covid 19 SS' di jajaran kesehatan baik di Dinas kesehatan kabupaten/kota maupun Puskesmas," jelasnya.

Lalu masyarakat yang masuk Sumsel harus instal aplikasi 'Pantau Covid 19 SS'.

Aplikasi ini bisa di download di play store.

Maka, sebelum masuk di Wilayah Sumsel dianjurkan untuk menginstal instal aplikasi tersebut sehingga saat dilakukan pengecekan dan di singkronisasi data dengan petugas menjadi cepat. 

Aplikasi Pantau Covid 19 SS yang ada di Play Store.
Aplikasi Pantau Covid 19 SS yang ada di Play Store. (Istimewa)

Saat di wilayah Sumsel siapkan KTP atau SIM yang akan di-scan oleh petugas.

Selanjutnya akan muncul barcode di handphone petugas.

Kemudian handphone OPJ diarahkan ke barcode tersebut, sehingga akses sinkronisasi tersambung. 

Prosesnya simpel dan singkat. Setelah sinkronisasi tersebut maka data OPJ otomatis akan masuk di sistem pemantauan jajaran kesehatan.

OPJ harus mengisi chek list keluhan kesehatan dan kepatuhan karantina mandiri setiap hari agar petugas kesehatan bisa mengetahui perkembangan kesehatannya dan pergerakan mereka.

Contoh data yang tampil di Aplikasi Pantau Covid 19 SS.
Contoh data yang tampil di Aplikasi Pantau Covid 19 SS. (Istimewa)

Ada juga tombol darurat bila diperlukan, maka OPJ tinggal tekan tombol tersebut yang akan terhubung dengan petugas kesehatan di 119 maupun nomor telepon yang sudah ditentukan Dinkes.

"Sedangkan untuk di sisi hilir, aplikasi ini digunakan untuk memantau OTG, ODP, PDP ringan yang telah didata dan ditentukan statusnya oleh jajaran kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk petugas Puskesmas menggunakan password yang diberikan oleh Dinas Kesehatan kabupaten/kota.

Mereka juga harus instal aplikasi 'Pantau Covid 19 SS' yang berbasis web untuk input data by name by addres serta NIK OTG, ODP, PDP ringan yang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. 

Selanjutnya petugas Puskes menginformasikan kepada yang bersangkutan untuk instal aplikasi 'Pantau Covid 19 SS' dan memberikan password.

Dalam hal ini NIK menjadi kunci sinkronisasi aplikasi di masyarakat yang status OTG, ODP, PDP ringan dengan aplikasi petugas Puskes. 

Ikuti kami di
KOMENTAR
349 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved