Resmi Beroperasi, PDP Center dan Skrining Center Gratis untuk Masyarakat

PDP Center ini akan melayani bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan OTG. Sementara kita buka 60 kamar di Tower 8, jika dibutuhkan akan ditambah

Resmi Beroperasi, PDP Center dan Skrining Center Gratis untuk Masyarakat
Tribunsumselwiki/Linda
Tower 8 yang merupakan tempat PDP Center di Wisama Atlet Jakabaring. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Setelah ODP Center, kini PDP Center resmi beroperasi.

PDP center di Rumah Sehat Covid-19 yang dipusatkan di Wisma Atlet Jakabaring ini diperuntukkan bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

Ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam percepatan penanganan Covid-19.

Suasana di PDP Center yang ada di Wisman Atlet Jakabaring.
Suasana di PDP Center yang ada di Wisman Atlet Jakabaring. (Humas Pemprov Sumsel)

"Gubernur Herman Deru menginstruksikan agar penanganan Covid-19 di Sumsel dilakukan secara maksimal," ungkap Ketua Harian Rumah Sehat Covid-19, Akhmad Najib saat meresmikan beroperasinya PDP Center, yang kala itu mewakili Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya (Ketua Rumah Sehat) Jakabaring, Sabtu (16/5/2020). 

Hadir pula dalam peresmian PDP Center, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Dra Hj Lesty Nurainy Apt MKes, Sekretaris Rumah Sehat Aufa Syahrizal, Koordinator Rumah Sehat dr Trisnawarman, Kepala KKP Kelas II Palembang, yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel dr Nur Purwoko Widodo, Perwakilan Gugus Tugas Pusat Bridgjen Pol Anthony Simamora, Konsuler dari RSMH Palembang Dr Harun dan Ketua IDI Sumsel dr Rizal Sanif Spog, serta beberapa pejabat lainnya. 

Menurut Najib, adanya PDP Center ini juga sebagai langkah gubernur untuk membantu menyediakan fasilitas karantina kesehatan, mengingat ketersediaan kamar di rumah sakit yg terbatas dan mengantisipasi rumah sakit yang mulai kewalahan menampung pasien covid-19.

Tempat tidur yang ada di PDP Center di Wisama Atlet Jakabaring.
Tempat tidur yang ada di PDP Center di Wisama Atlet Jakabaring. (Tribunsumselwiki/Linda)

"PDP Center ini akan melayani bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan OTG. Sementara kita buka 60 kamar di Tower 8, jika kurang maka akan kita tambah lagi di tower 7 dengan kapasitas juga 60 kamar" ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dra Hj Lesty Nurainy Apt MKes mengatakan, rumah sehat di Jakabaring Palembang merupakan pusat Karantina kesehatan yg disiapkan oleh Pemprov Sumsel, gratis untuk masyarakat.

Tentu melalui skrining terlebih dahulu yg tersedia di Rumah Sehat juga.

"Kita siapkan tenaga medis disini dan non medis yg bertugas disini lebih dari 200 orang, termasuk relawan. Disini kita sediakan pelayanan yang optimal, sesuai prosedur isolasi . Tujuan kita agar mereka yang masuk rumah sehat, semuanya sehat hingga akhir masa isolasi 14 hari. Sehingga saat keluar sudah dipastikan tidak akan menulari orang lain," ungkapnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved