PPDB SMP di Palembang Sudah Dibuka, Dilakukan Secara Online

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Palembang pun akan dilakukan secara online.

PPDB SMP di Palembang Sudah Dibuka, Dilakukan Secara Online
Dokumen Tribun Sumsel
Ilustrasi Siswa SMP di Palembang. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Karena adanya pandemi Covid-19 maka semua hal kebanyakan dilakukan secara daring atau online.

Seperti halnya untuk pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Palembang pun akan dilakukan secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, berdasarkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran (Covid-19) serta mempertimbangkan daya tampung SMP Negeri dan jumlah potensi lulusan SD/MI maupun  penyebaran sekolah (SMP Negeri) dan penduduk usia sekolah di Kota Palembang.

Karena itu, pihaknya menyampaikan pedoman umum PPDB SMP Negeri di Kota Palembang yakni PPDB SMP Negeri dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme online atau dalam jaringan (daring) melalui web layanan PPDB online SMP Negeri Kota Palembang, yaitu https://ppdbpalembang.id.

"Mekanisme PPDB SMP Negeri se-Kota Palembang, dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah," katanya beberapa hari lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk jalur pendaftaran yakni terdiri atas empat jalur, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua/wali dan jalur prestasi.

"Keempat jalur ini masih kita lakukan sesuai dengan arahan dengan ketentuan ada beberapa persen porsinya," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk jalur zonasi yakni  jalur yang disediakan bagi peserta didik yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal satu tahun.

Jalur ini memiliki kuota paling besar dibandingkan jalur lainnya lebih kurang 50 persen.

Kalau jalur afirmasi, jalur yang disediakan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved