PPDB SMP di Palembang Sudah Dibuka, Dilakukan Secara Online

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Palembang pun akan dilakukan secara online.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
Dokumen Tribun Sumsel
Ilustrasi Siswa SMP di Palembang. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Karena adanya pandemi Covid-19 maka semua hal kebanyakan dilakukan secara daring atau online.

Seperti halnya untuk pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Palembang pun akan dilakukan secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, berdasarkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru dan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran (Covid-19) serta mempertimbangkan daya tampung SMP Negeri dan jumlah potensi lulusan SD/MI maupun  penyebaran sekolah (SMP Negeri) dan penduduk usia sekolah di Kota Palembang.

Karena itu, pihaknya menyampaikan pedoman umum PPDB SMP Negeri di Kota Palembang yakni PPDB SMP Negeri dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme online atau dalam jaringan (daring) melalui web layanan PPDB online SMP Negeri Kota Palembang, yaitu https://ppdbpalembang.id.

"Mekanisme PPDB SMP Negeri se-Kota Palembang, dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah," katanya beberapa hari lalu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk jalur pendaftaran yakni terdiri atas empat jalur, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua/wali dan jalur prestasi.

"Keempat jalur ini masih kita lakukan sesuai dengan arahan dengan ketentuan ada beberapa persen porsinya," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk jalur zonasi yakni  jalur yang disediakan bagi peserta didik yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal satu tahun.

Jalur ini memiliki kuota paling besar dibandingkan jalur lainnya lebih kurang 50 persen.

Kalau jalur afirmasi, jalur yang disediakan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

Sedangkan jalur perpindahan tugas orangtua/wali, adalah jalur yang disediakan bagi peserta didik ketika lokasi pekerjaan orang tua/wali dipindah tugaskan.

"Kemudian ada juga jalur yang disediakan bagi peserta didik yang memiliki prestasi akademik 
dan non-akademik. Biasanya jalur ini hanya sedikit," bebernya

Lalu untuk syarat pendaftaran, peserta didik berusia paling tinggi 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2020, yang dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.

Kemudian calon peserta didik yang tercatat sebagai peserta didik kelas 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020 atau memiliki ijazah SD/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 6 (enam) SD/MI.

"Calon Peserta Didik hanya boleh mendaftar di satu SMP saja karena sistem layanan PPDB 
online akan menolak atau memblokir jika mencoba mendaftar lebih dari satu sekolah," jelasnya.

Diimbau, bagi Sekolah yang berada di daerah perbatasan kabupaten/kota, penetapan zonasi memprioritaskan calon peserta didik yang berdomisili pada wilayah Kota Palembang.

"Maksimal 40 persen dari luar Kota Palembang, dari daya tampung Jalur Zonasi," tegas Zulinto.

Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mengacu Permendikbud ini, jika ada perubahan karena situasi Covid-19 ini akan segera diberitahukan kembali.

Berikut Jadwal PPDB SMP Kota Palembang

1. Sosialisasi 13 April – 02 Mei 2020

Ikuti kami di
KOMENTAR
313 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved