Gubernur Sumsel Intruksikan Kesiapsiagaan Menghadapi Penyebaran Virus Corona

Gubernur Sumsel mengeluarkan intruksi kesiapsiagaan menghadapi penyebaran penyakit corona virus kepada Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel.

Gubernur Sumsel Intruksikan Kesiapsiagaan Menghadapi Penyebaran Virus Corona
Dokumen Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Menyikapi adanya virus corona di Indonesia, maka Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengeluarkan intruksi kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus corona (Covid-19) kepada kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

Menurut Gubernur Sumsel Herman Deru, jangan panik, selalu jaga kesehatan dan kebersihan serta terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dipertahankan sebagai ciri khas warga Sumsel.

"Imbauan saya kita jangan gaduh. Jangan terus menjadikan ini bahan obrolan yang sebenarnya justru melemahkan diri kita sendiri," kata Deru beberapa waktu lalu.

Sementara itu isi intruksi Gubernur Sumsel nomor : 01/INST/DINKES/2020 tentang kesiapsiagaan menghadapi penyebaran penyakit corona virus kepada Bupati/Walikota di Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel yaitu :

Dalam rangka menindak lanjuti surat edaran Gubernur Sumatera Selatan Nomor 007/SE/DINKES/2020 dan guna mengantisipasi penyebaran penyakit COVID-19 di Sumsel maka dengan ini menginstruksikan Bupati/Walikota se-Sumsel.

Kesatu, mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk melakukan antisipasi terkait penyebaran penyakit COVID-19. sebagai berikut :

a. Meningkatkan koordinasi dalam mencegah dan mendeteksi sedini mungkin penyebaran penyakit COVID-19 yaitu dengan memperketat pengawasan di pintu masuk bandara dan pelabuhan di wilayah domisili saudara.

b. Melakukan pemantauan terhadap status kesehatan orang yang ada riwayat bepergian atau datang dari negara terjangkit peryakit COVID-19 dalam 14 (empat belas) hari terakhir sejak kedatangan serta meningkatkan surveilans influenza like illness (ILI) dan pneumonia.

c. Menginstruksikan kepada rumah sakit, puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya untuk melakukan perawatan dan rujukan sesuai standar.

d. RSMH Palembang, RSUD Kayu Agung, RSUD Lahat, dan RSUD Situ Aisyah Lubuk Linggau yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI sebagi rumah sakit rujukan agar menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan.

e. Meryebarluaskan informasi mengenai penyakit COVID-19 dan cara pencegahannya kepada masyarakat baik melalui media cetak maupun elektronik serta mengawasi pemberitaan yang tidak benar (HOAX) di media sosial guna menjaga ketentraman di masyarakat.

f. Melaporkan segera dalam waktu 24 jam secara berjenjang bila diketahui ada yang diduga terindikasi penyakit COVID-19 kepada Gubernur Sumatera Selatan.

Lalu isi poin kedua yaitu menyampaikan laporan pelaksanaan instruksi ini secara berkala setiap minggu kepada Gubernur Sumatera Selatan melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Yang ketiga yaitu instruksi ini diterbitkan untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga :

Siap Siaga Hadapi Virus Corona, Penumpang di Cek Suhu Tubuh di Pintu Keberangkatan Stasiun Kertapati

RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang Siapkan 5 Kamar Khusus untuk Isolasi Pasein Virus Corona

Ikuti kami di
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved