Ella Satu-satunya Peserta Perempuan Asal Sumsel Yang Ikut IVLP di Amerika Serikat

Inovasi yang diciptakan oleh Ella diantaranya RINDUCAPIL (Ruang Inovasi Kependudukan dan Catatan Sipil) dan terbaru DINO-Lab.

Ella Satu-satunya Peserta Perempuan Asal Sumsel Yang Ikut IVLP di Amerika Serikat
istimewa
Hermince Angela Rugebregt, SIKom, MSi atau yang akrab disapa Ella. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Program International Visitor Leadership (IVLP) adalah Program Bergensi Amerika Serikat yang dikelola oleh Kantor International Visitors di Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Hermince Angela Rugebregt, SIKom, MSi atau yang akrab disapa Ella merupakan satu-satunya peserta perempuan dari Indonesia yang terpilih mengikuti ajang bergengsi IVLP 2020 di Amerika Serikat pada 31 Januari hingga 25 Februari 2020.

"Saya sangat beruntung diberikan kesempatan pengalaman seumur hidup. Selain wawasan berharga yang diperoleh, program ini juga memberikan peserta kesempatan untuk bertemu teman baru dan terlibat dalam diskusi yang luar biasa mengenai isu-isu di negara mereka," kata Ella, Rabu (26/2/2020).

Menurutnya, seseorang terpilih untuk mengikuti program ini karena di negaranya, dan Amerika Serikat akan memperoleh manfaat dari pertukaran gagasan yang akan terjadi selama program pertukaran ini berlangsung.

Peserta terpilih dari bidang-bidang yang menurut Kedubes Amerika Serikat (AS) memiliki kepentingan bilateral bagi negara tuan rumah dan AS sendiri.

"Sebagai peserta program IVLP, saya berada di AS sebagai warga sipil dan tidak terlibat dalam urusan protokoler atau seremonial yang biasanya menyertai suatu kunjungan resmi atau kenegaraan," bebernya.

Hal ini sangat baru bagi semua, tapi sangat membuka kesempatan untuk lebih merajai lingkungan di masing-masing negara bagian yang dikunjungi.

Ella saat ini berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumsel menjabat sebagai Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Layanan.

Untuk itu, baginya ini memicu dirinya untuk terus menciptakan inovasi-inovasi baru dalam rangka pengembangan institusi dan pemerintah daerah.

Beberapa inovasi yang diciptakan oleh Ella diantaranya RINDUCAPIL (Ruang Inovasi Kependudukan dan Catatan Sipil) yang memfokuskan kepada pembinaan dan pengawasan kualitas pelayanan bagi Disdukcapil 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Ami Heppy
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved