Lima Buah-Buahan Ini Ada di Sumsel

Setiap tahunnya di Sumatera Selatan (Sumsel) ada agenda Festival Buah dan Pertanian Unggulan, yang biasanya diadakan di bulan Januari.

Tribunsumselwiki/Linda
Buah Jeruk Keprok Batu 555 dari Pagar Alam saat di Festival Buah dan Pertanian Unggulan 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Setiap tahunnya di Sumatera Selatan ( Sumsel) ada agenda Festival Buah dan Pertanian Unggulan, yang biasanya diadakan di bulan Januari.

Festival Buah dan Pertanian Unggulan ketiga ditahun ini diadakan di Halaman Griya Agung, Jalan Demang Lebar Daun.

Di Festival Buah dan Pertanian Unggulan ini dipamerkan atau dihadirkan beragam buah-buahan dan hasil pertanian yang ada di Sumsel yang bikin ketagihan seperti buah durian, mangis, nanas, jambu, jeruk dan lain-lain.

Berikut lima buah-buahan yang ada di Festival Buah dan Pertanian Unggulan.

1. Durian

Buah Durian dengan nama latin Durio zibethinus Murr ini, kalau di Lahat dikenal sebagai Varietas Bantal Mas dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian dan Perkebunan dengan No. 29/PVL/2007.

Buah Durian dari Sumsel
Buah Durian dari Sumsel (Tribunsumselwiki/Linda)

Produksi Durian bantal mas per pohon dapat mencapai 400-900 buah/tahun (umur 50 tahun). Sifat buahnya mudah dibelah, dan tahan terhadap hama Tirathaba sp dan penyakit Fusarium sp.

2. Nanas

Di Sumsel tepatnya di Prabumulih merupakan daerah penghasil nanas. Nanas Prabumulih merupakan nanas yang manis dan mengalahkan nanas-nanas dari daerah lainnya.

Buah Nanas dari Sumsel.
Buah Nanas dari Sumsel. (Tribunsumselwiki/Linda)

Buah ini selain bisa di makan langsung, juga biasa dibuat selai, sirup, keripik manis dan bahkan sebagai campuran bumbu makanan khas Palembang yaitu pindang.

3. Jeruk

Di Sumsel juga ada daerah penghasil jeruk seperti di Pagar Alam, yang menghasilan Jeruk Gerga dan Keprok Batu 555.

Untuk Jeruk Gerga dan Keprok Batu 555 di Pagar Alam saat ini menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Pagar Alam.

Jeruk Keprok Batu 555 dari Pagar Alam.
Jeruk Keprok Batu 555 dari Pagar Alam. (istimewa)

Hal itu terlihat dari jumlah penjualan dan banyak wisatawan berkunjung ke kebun jeruk tersebut yang ada di wilayah Kecamatan Dempo Utara.

Untuk rasa Jeruk Keprok, rasa manisnya 80 persen dan asamnya 20 persen. Lalu kulitnya gampang dikupas dan banyak mengandung air. Dari segi bulir besar dan lebih halus dari gerga.

Jeruk Gerga dari Pagar Alam.
Jeruk Gerga dari Pagar Alam. (istimewa)

Dari segi tampilan bentuknya besar, sebab dalam satu jeruk bobotnya bisa mencapai 250gram atau satu kilogramnya berisi empat buah.

Sedangkan untuk Jeruk Gerga rasanya lebih segar, sebab rasa asamnya lebih terasa namun segar. Untuk harga Jeruk Gerga maupun Keprok Batu 555 ini Rp 25 ribu per kg.

4. Manggis

Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai ratu buah, karena berpasangan dengan durian si raja buah.

Buah ini mengandung antiflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jika di konsumsi.

Buah Manggis dari Sumsel.
Buah Manggis dari Sumsel. (Tribunsumselwiki/Linda)
Ikuti kami di
KOMENTAR
103 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved