Ribuan Pengunjung Padati Bayt Al Quran Al Akbar Terbesar Di Dunia

Al Qur'an Al Akbar merupakan ukiran khas Palembang satu-satunya yang ada di dunia, isinya sama seperti Al Qur'an pada umumnya.

Tribunsumselwiki/Linda
Suasana di Al Qur'an Al Akbar 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Di momen libur Natal dan Tahun baru dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur seperti halnya yang terlihat di Bayt Al Qur'an Al Akbar yang ada di Jalan M. Amin Fauzi, Soak Bujang (Pondok Pesantren IGM Al Ihsaniyah), Kecamatan Gandus Kota Palembang.

"Sudah beberapa hari ini pengujung ramai ke sini. Di momen Natal dan Tahun Baru ini setiap harinya ribuan pengujung ke sini, seperti siang ini tercatat sudah ada 3000 pengujung dan kami prediksi bisa sampai 5000 pengujung," kata Inisiator dan Pembuat Bayt Al Qur'an Al Akbar Ust. H. Syofwatillah Mohzaib, Rabu (25/12/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa jika hari biasa hanya ratusan pengujung namun hari libur bisa mencapai ribuan.

Bahkan diprediksi puncaknya ada pada tanggal 31 Desember mendatang, yang diprediksi bisa mencapai di atas 5000 pengujung.

"Alhamdulillah umat Islam di Sumatera Selatan (Sumsel) maupun luar Sumsel begitu antusias ingin datang kemari dan semakin senang serta cinta dengan Al-Qur'an," kata Syofwatillah Mohzaib atau yang sering disapa Opat.

Menurutnya, hal tersebut terlihat dengan ramainya pengunjung yang datang, padahal di sini tidak ada apa-apa kecuali Al Qur'an Al Akbar ini.

Al Qur'an Al Akbar ini merupakan ukiran khas Palembang satu-satunya yang ada di dunia, isinya sama seperti Al Qur'an pada umumnya.

Opat sedikit menjelaskan, bahwa Al Qur'an Al Akbar ini dibuat dari kayu tembesu.

Dipilihnya kayu tembesu disamping untuk memuliakan Al Qur'an juga agar mushaf ini awet dan tahan lama.

Karena kayu tembesu imerupakan kayu terbaik dan berkelas.

Bayt Al Qur'an Al Akbar ini terbuat dari kayu tembesu dengan ukuran 177 cm x 140 cm dengan ketebalan 2,5 cm, total keseluruhan ada 30 juz.

Di setiap lembar ukiran Bayt Al Qur'an Al Akbar ini berwarna dasar coklat dan dengan huruf Arab timbul warna kuning.

Lalu di setiap pinggirannya terdapat motif bunga yang indah dipandang.

Bayt Al Qur'an Al Akbar diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012.

"Kalau sebelumnya di sini hanya ada Bayt Al Qur'an Al Akbar maka saat ini selain bisa melihat Bayt Al Qur'an Al Akbar, selfie dan foto-foto juga bisa menambah wawasan dengan acara Ngopi Bareng. Ngopi ini sebuah singkatan yang artinya ngobrolin petunjuk ilahi, jadi mengupas tentang Al-Qur'an," bebernya.

Selain itu di Bayt Al Qur'an Al Akbar ini juga ada produk minuman alkali yang berupa air mineral yang sudah dibacakan doa dan dibacakan Al Qur'an 30 juz oleh ratusan anak santri.

Kemudian bagi yang suka kaligrafi bisa membuat nama kaligrafi dengan membayar Rp 20 ribu saja.

"Al Qur'an Al Akbar ini buka setiap hari mulai pukul 9.00-17.00 WIB. Untuk harga tiketnya Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Untuk tiket masuk ini bebas sepuasnya tanpa dibatasi waktunya, jadi Anda bisa bebas berfoto, selfie dan lain-lain di sini," ungkapnya.

Sementara itu Bambang beserta anak dan istrinya rela datang jauh-jauh dari Lampung untuk berkunjung ke Bayt Al Qur'an Al Akbar ini. "Saya tertarik ke sini karena lihat di media-media online itu sepertinya bagus. Dan kebetulan ini momen libur makanya kami ke sini," kata Bambang.

Terkait perjalanan dari Lampung ke sini, menurutnya saat ini sudah nyaman dan waktu tempuhnya juga cepat.

"Sebab tol nya sudah dibuka. Jadi jarak antara Palembang dan Lampung hanya hitungan jam saja tak sampai 5 jam," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
71 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved