Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Sumsel.

Tribunsumselwiki/Linda
Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Sumatera Selatan (Sumsel), yang terus berkembang sejak bertransformasi pada 2014. 

Saat ini UIN Raden Fatah Palembang memiliki 9 Fakultas dan juga memiliki Program Pascasarjana dengan keseluruhan 45  Program Studi (D3, S1, S2 dan S3).

Dengan jumlah dosen 500 orang dan didukung 300 orang staf akademik, saat ini UIN Raden Fatah Palembang memiliki lebih dari 24.000 mahasiswa.

Kampus UIN Raden Fatah Palembang terdiri atas tiga kampus yaitu Kampus A yang ada di Jalan Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri Nomor 1 Km 3.5 Kelurahan Pahlawan Kecamatan Kemuning Palembang. 

Lalu Kampus B ada di Jalan Gubernur H.A Bastari Jakabaring Kota Palembang dan Kampus C di Payakabung.

Pada awal 2019 pembangunan sarana prasarana kampus di tiga kampus UIN Raden Fatah terus ditingkatkan.

Gedung Rafah Tower di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
Gedung Rafah Tower di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang (Tribunsumselwiki/Linda)

Sejarah

UIN Raden Fatah Palembang ini dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Raden Fatah Palembang yang diresmikan pada tanggal 13 November 1964 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat  Provinsi Sumsel berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 1964 tanggal 22 Oktober 1964.

Asal - usul berdirinya IAIN Raden Fatah erat kaitannya dengan keberadaan lembaga - lembaga pendidikan tinggi agama Islam yang ada di Sumsel dengan IAIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta dan IAIN Syarif Hidayatullah di Jakarta.

Cikal bakal IAIN awalnya digagas oleh tiga orang ulama, yaitu K.H.A. Rasyid sidik, K.H. Husin Abdul Mu’in dan K.H. Siddik Adim pada saat berlangsung muktamar Ulama se Indonesia di Palembang tahun 1957.

Gagasan tersebut mendapat sambutan luas baik dari pemerintah maupun peserta muktamar.

Pada hari terakhir muktamar, tanggal 11 September 1957 dilakukan peresmian pendirian Fakultas Hukum Islam dan pengetahuan Masyarakat yang diketuai oleh K.H. A. Gani Sindang Muchtar Effendi sebagai Sekretaris.

Setahun kemudian dibentuk Yayasan Perguruan Tinggi Islam Sumatra Selatan (Akte Notaris No. 49 Tanggal 16 Juli 1958) yang pengurusnnya terdiri dari Pejabat Pemerintah, ulama dan tokoh- tokoh masyarakat.

Pada tahun 1975 sampai dengan tahun 1995 IAIN Raden Fatah memiliki 5 Fakultas, tiga Fakultas di Palembang, yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin, lalu dua Fakultas di Bengkulu yaitu Fakultas Ushuluddin di Curup dan Fakultas Syariah di Bengkulu.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam upaya pengembangan kelembagaan perguruan tinggi agama Islam, maka pada tanggal 30 juni 1997, masing - masing ke dua Fakultas di tingkatkan statusnya menjadi sekolah tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), yaitu STAIN Curup dan STAIN Bengkulu.

Dalam perkembangan berikutnya, IAIN Raden Fatah membuka dua Fakultas baru, yaitu Fakultas Adab dan Fakultas Dakwah berdasarkan Surat keputusan Menteri Agama R.I Nomor 103 tahun 1998 tanggal 27 Februari 1998.

Cikal bakal Fakultas Adab dimulai dari pembukaan dan penerimaan mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam pada tahun Akademik 1995/1996.

Pendirian Program Pascasarjana pada tahun 2000 mengukuhkan IAIN Raden Fatah sebagai institusi pendidikan yang memiliki komitmen terhadap pencerahan masyarakat akademis yang selalu berkeinginan untuk terus menimba dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner.

Akhirnya melalui perjuangan yang panjang dari seluruh civitas akademika UIN dan tokoh masyarakat Sumsel, pada tahun 2014 melalui Perpres No. 129 Tahun 2014 tentang Perubahan IAIN Raden Fatah Palembang menjadi UIN Raden Fatah Palembang.

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang
Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang (Tribunsumselwiki/Linda)

Tentu ini menjadi sejarah tranformasi lembaga dari IAIN menjadi UIN.

Ikuti kami di
KOMENTAR
66 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved