Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri)

Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) merupakan politeknik yang ada di Palembang, Sumatera Selatan.

Tribunsumselwiki/Linda
Politeknik Negeri Sriwijaya 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) merupakan politeknik yang ada di Palembang, Sumatera Selatan. Kampus utama Politeknik Negeri Sriwijaya ini ada di Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Kode pos 30139.

Selain itu kampus Politeknik Negeri Sriwijaya juga ada di Banyuasin dengan nama Politeknik Negeri Sriwijaya Kampus Banyuasin yang terletak di Jalan Sekojo nomor 21, Kelurahan Kedondong Raye Kecamatan Banyuasin III Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sejarah

Politeknik Negeri Sriwijaya, dahulunya bernama Politeknik Universitas Sriwijaya yang secara resmi dibuka pada tanggal 20 September 1982.

Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai dua Jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin, dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar serta kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC Bandung.

Pada fase kedua tahun 1987 Politeknik memperluas bidang keteknikan dan melahirkan bidang Tata Niaga.

Bidang keteknikan yang dikembangkan adalah Jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Kimia Industri sedangkan bidang Tata Niaga terdiri atas Jurusan/Program Studi Akuntansi Kesekretariatan yang telah dimulai tahun akademik 1986.

Kemudian tahun 1992 Jurusan Tata Niaga berkembang menjadi dua jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Administrasi Niaga.

Tenaga ahli yang turut serta mengembangkan bidang keteknikan adalah dari Swiss Contact sedangkan Tata Niaga dari Australia.

Pada tahun 2002/2003 dikembangkan dua jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Manajemen Informatika, yang pendiriannya ditetapkan melalui surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) nomor 2800/D/T/2001.

Pada tahun akademik 2004/2005, Politeknik Negeri Sriwijaya kembali mengembangkan jurusan baru yaitu Jurusan Bahasa Inggris Program Studi Bahasa Inggris Bisnis Pariwisata dan Perhotelan berdasarkan izin dari Dirjen Dikti nomor 3818/D/T/2003.

Program Sarjana Terapan

Program Sarjana Terapan Perancangan Jalan dan Jembatan mulai dibuka sejak tahun 2002 dan pada tahun 2009 Program Sarjana Terapan baru pada Jurusan Teknik Kimia dengan nama Program Studi Teknik Energi juga turut dibuka.

Kemudian pada tahun 2012, Program Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik menyusul dibuka. S

elanjutnya Program Sarjana Terapan Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Usaha Perjalanan Wisata pada tahun 2013.

Lalu pada tahun 2014, Program Sarjana Terapan Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Teknologi Kimia Industri, Manajemen Bisnis serta Manajemen Informatika menjadi program-program studi terbaru yang dibuka oleh Politeknik.

Program Kerjasama Pendidikan

Politeknik Negeri Sriwijaya telah banyak melakukan pengembangan pendidikan dengan membuka kelas kerjasama Program Diploma III dan Diploma IV diantaranya

• Kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Sipil konsentrasi Perancangan Jalan dan Jembatan bekerjasama dengan Departemen Kimpraswil

• Kelas kerjasama pada Jurusan Teknik Mesin bekerjasama dengan PT. Bukit Asam, PT. GMF

Ikuti kami di
KOMENTAR
58 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved