Cara Membuat Berbagai Macam Pempek dengan Satu Resep, Ikuti Tipsnya Berikut Ini

Hanya dengan menggunakan satu macam resep bisa membuat berbagai macam varian pempek. Simak caranya!

Tribunsumselwiki/Linda
Berikut cara membuat berbagai varian pempek dengan satu resep. 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM - Pempek merupakan makanan khas Palembang.

Pempek sendiri mempunyai beragam varian, ada yang namanya pempek lenjer, pempek sosis, pempek telur kecil, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek kriting dan lain-lain.

Nah untuk membuat pempek ini ternyata cukup mudah loh, hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti ikan giling, air dinging, garam, penyedap rasa secukupnya, dan tepung tapioka.

"Untuk membuat pempek ini satu resep bisa untuk berbagai varian pempek, seperti bisa untuk pempek lenjer, pempek telur kecil, pempek kapal selam, pempek sosis dan lain-lain," kata Pemilik Pempek Wawa Anifa Rusdi yang sering disapa Wawa.

Owner Pempek Wawa (yang tengah memegang microphone) sedang mengajarkan cara membuat pempek kepada mahasiswa
Owner Pempek Wawa (yang tengah memegang microphone) sedang mengajarkan cara membuat pempek kepada mahasiswa (Tribunsumselwiki/Linda)

Wawa pun membagikan resep cara membuat pempek yaitu;

  • Siapkan ikan giling sebanyak 1 kg dan masukan dalam wadah baskom, lalu diberi air 350 cc dan dilumutkan hingga tercampur
  • Kemudian masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya kedalam air 350 cc dan larutkan sampai tercampur, baru masukan keadonan ikan giling
  • Lalu masukkan tepung tapioka sebanyak 7 ons atau bisa juga sesuai selera ke dalam adonan, dicampurkan sedikit demi sedikit hingga semuanya sudah tercampur merata dan bisa dibentuk.
  • Setelah itu dibentuk sesuai keinginan, misal, untuk membuat pempek lenjer (panjang) hanya tinggal dibentuk lenjer dan direbus dalam air mendidih hingga matang (kurang lebih 20 menit) dan diangkat.
  • Sementara untuk membuat pempek sosis tinggal mengisi pempek lenjer dengan sosis.
Suasana belajar membuat pempek
Suasana belajar membuat pempek (Tribunsumselwiki/Linda)
  • Apabila ingin buat pempek telur kecil tinggal ambil adonan yang sudah ada dan dibentuk seperti mangkok, kalau sudah terbentuk, di dalamnya diisi telur dan setelah itu ditutup atau dirapatkan hingga semuanya tertutup. Telur yang digunakan telur yang sudah dikocok.
  • Sama halnya jika ingin membuat pempek telur besar atau yang dikenal dengan pempek kapal selam juga seperti itu, hanya bentuknya saja lebih besar dan langsung satu butir telur utuh yang telah direbus.
  • Jika semuanya sudah selesai dibuat dan direbus maka tinggal digoreng sesuai selera. Pempek bisa dimakan langsung setelah direbus. Namun untuk yang lebih suka penyajian goreng, bisa menggoreng pempek tersebut.

"Untuk bahan ikan giling ya bisa menggunakan ikan tengiri ataupun ikan gabus. Tips membuat pempek ini alurnya proses dingin, jadi akan lebih baik ikan gilinya dalam kondisi dingin bukan beku tapi dingin. Lalu untuk airnya juga gunakan air es, fungsinya agar bakteri tidak berkembang," bebernya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
52 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved