Taman Wisata Alam Punti Kayu dengan Pesona Pohon Pinusnya

Secara umum Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang sebagian besar kawasannya ditumbuhi pohon pinus (Pinus merkussi)

Tribunsumselwiki/Linda
Pohon-pohon Pinus yang ada di TWA Punti Kayu 

PALEMBANGTRIBUNWIKI.COM - Secara umum Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang sebagian besar kawasannya ditumbuhi pohon pinus (Pinus merkussi) yang dulunya di tanam oleh orang Belanda.

Rindangnya pohon Pinus ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk wisata alam di Punti Kayu Palembang

"Awalnya ada ribun pohon pinus di TWA Punti Kayu ini, namun seiring waktu tinggal ratusan pohon pinus," kata Manager TWA Punti Kayu Palembang Raden Azka di TWA Punti Kayu Palembang, Jalan Kol H Burlian km 6,5.

Lebih lanjut ia mengatakan, pohon-pohon pinus yang ada tetap dirawat.

Bahkan ada yang ditanam ulang, namun seiring dengan waktu tentu tanaman ini tetap akan berkurang karena ada yang mati.

Selain ada pohon Pinus juga ada tanaman lainnya seperti Akasia (acacia mangium), Mahoni (switenia swageri), Talog (muntingia calabura), Pulai (alstonia granensis) dan masih banyak lainnya.

Sambut Momen Tahun Baru, TWA Punti Kayu akan Adakan Festival Korea

Suasana di Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang
Suasana di Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang (Tribunsumselwiki/Linda)

"Hingga kini TWA Punti Kayu tetap menjadi tempat rekreasi favorit bagi orang Sumatera Selatan dan sekitarnya. Saat hari biasa ada ratusan pengujung dan saat weekend mencapai ribuan pengunjung. Paling ramai saat tahun baru dan libur hari besar seperti lebaran," katanya.

Untuk menunjang kegiatan wisata di TWA Punti Kayu Palembang juga ada banyak wahana seperti wahana edukasi lingkungan, wahana rekreasi, wahana replika, waterboom, outbound, camping area, danau dan sepeda air serta masih banyak yang lainnya.

Ada juga jenis fauna liar yang ada seperti kera ekor panjang (Macaca nemistrina), tupai (callosciurus modestus), musang pandan (paradoxurus hermaphroditius), aneka jenis burung, dan lain-lain.

"Untuk wahana replika merupakan salah satu wahana favorit yang ada di TWA Punti Kayu Palembang, sebab di sini ada berbagai macam replika landmark dunia yang bagus untuk spot foto-foto seperti Menara Eiffel, Menara Pissa, Patung Liberty, Piramid, Big Ben, Kincir Angin dan lain-lain," bebernya.

Sementara itu untuk jam operasional TWA Punti Kayu Palembang buka mulai pukul 8.30 WIB dan tutup sampai pukul 17.00 WIB.

Pembelian tiket terakhir dapat dilakukan pukul 16.00 WIB.

Taman Wisata Alam Punti Kayu

Pohon-pohon Pinus yang ada di TWA Punti Kayu
Pohon-pohon Pinus yang ada di TWA Punti Kayu (Tribunsumselwiki/Linda)

Harga tiket masuk Senin-Jumat Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5000 untuk anak-anak.

Lalu saat hari libur Sabtu-Minggu yaitu Rp 12.500 per orang.

Kumudian untuk kendaraan roda dua Rp 5000 per unit dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Sedangkan untuk masuk ke masing-masing wahana akan dikenakan biaya dari Rp 10 ribu-Rp 20 ribu, tergantung dari masing-masing wahana.

Kawasan TWA Punti Kayu Palembang ini dikelola oleh PT Indosuma Putra Citra, untuk kegiatan pariwisata alam dengan izin pengusahaan pariwisata alam (IPPA) pada areal TWA Punti Kayu seluas 39,9 ha.

Sementara itu Putria pengunjung TWA Punti Kayu Palembang mengatakan, bahwa ia senang berwisata di TWA Punti Kayu Palembang karena suasananya masih asri, nyaman dan cocok liburan bersama teman-teman.

Ikuti kami di
KOMENTAR
47 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved