Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang merupakan taman wisata alam terbesar yang ada di Palembang.

Tribunsumselwiki/Linda
Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang 

TRIBUNSUMSELWIKI.COM -  Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang merupakan taman wisata alam terbesar yang ada di Palembang, dengan lahan konservasi yang terus dijaga menjadi pusat wisata alam dan paru-paru oksigen Kota Palembang.

Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang terletak di Jalan Kol H Burlian km 6,5, Kecamatan Alang-alang Lebar, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. 

Sejarah Kawasan TWA Punti Kayu

TWA Punti Kayu Palembang terkenal dengan pohon Pinus nya yang menjulang tinggi.

Pohon-pohon Pinus ini dulunya ditanam oleh orang Belanda.

Awalnya ada ribuan pohon Pinus, namun seiring waktu kini tinggal ratusan.

TWA Punti Kayu Palembang sebelumnya merupakan kawasan hutan register 51 di Kabupaten Musi Banyuasin (sebelum perluasan wilayah administrasi Kota Palembang).

Lalu pada tanggal 12 Desember 1937 di buat proses Verbaal Van Greensregeling dengan luas 98 hektare.

Sesuai dengan surat persetujuan Direktur Jendral Kehutanan nomor: 1337/DJ/I/1980 tanggal 26 April 1980, kawasan Punti Kayu dikeluarkan seluas 48 ha untuk keperluan Pemerintah Daerah Tingkat I Sumsel, Kodam II Sriwijaya dan Asrama Polisi Sumsel, sehingga luasnya berkurang menjadi 50 ha.

Lalu berdasarkan SK Menteri Kehutanan tanggal 7 Maret 1985 no.57/Kpts-II/1985, kawasan Hutan Punti Kayu dijadikan sebagai Hutan Wisata yang berfungsi sebagai paru-paru kota.

Kemudian pada tanggal 7 Oktober 2002, Menteri Kehutanan melalui SK no.9273/Kpts-II/2002 menetapkan Punti Kayu sebagai kawasan Hutan Konservasi dengan fungsi Taman Wisata Alam dengan luas 39,9 ha.

Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang
Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang (Tribunsumselwiki/Linda)

Potensi

TWA Punti Kayu memiliki berbagai ragam jenis flora dan fauna serta memiliki pemandangan alam yang indah, asri dan sejuk.

Flora

Jenis flora yang mendominasi yaitu Pinus (Pinus merkussi) selain itu ada juga Akasia (acacia mangium), Mahoni (switenia swageri), Talog (muntingia calabura), Pulai (alstonia granensis) dan masih banyak jenis tanaman lainnya.

Fauna

Jenis fauna liar yang ada seperti kera ekor panjang (Macaca nemistrina), tupai (callosciurus modestus), musang pandan (paradoxurus hermaphroditius), beraneka jenis burung dan lain-lain.

Suasana di Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang
Suasana di Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang (Tribunsumselwiki/Linda)

Batas kawasan

Utara: Jalan Kol H. Burlian

Timur: Perumahan penduduk

Ikuti kami di
KOMENTAR
45 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved